Indramayu Canangkan Sapta Pesona Untuk Tingkatkan Paiwisata


            Untuk mendukung gerakan Sadar Wisata di Kabupaten Indramayu dan juga Jawa Barat Pemkab Indramayu bersama dengan Pemrov Jawa Barat menggelar kegiatan Sapta Pesona yang dilaksanakan di open stage Bantaran Cimanuk Indramayu, Rabu (24/08/2016).

            Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menjelaskan, Sapta Pesona merupakan penjabaran dan langkah nyata dari Sadar Wisata yang terkait dukungan dan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah di destinasi pariwisata. Terdapat tujuh unsur Sapta Pesona yang harus dikembangkan dan jadi pegangan ditengah masyarakat yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

            "Ketujuh unsur ini harus benar-benar dipahami oleh berbagai masyarakat teruatama masyarakat yang berada di lokasi wisata sehingga banyak keuntungan yang bisa didaptkan dengan gerakan ini. Namun yang lebih utama adalah masyarakat bisa menjadi pelaku ekonomi dilokasi objek wisata tersebut," tegas Anna.

            Anna menambahkan, potensi wisata di Kabupaten Indramayu saat ini masih didominasi oleh wisata pantai. Namun demikian beberapa objek wisata tersebut secera terus menerus dilakukan pembenahan secara bertahap agar kejayaan wisata pantai bisa kembali muncul seperti tahun-tahun sebelumnya.

            Saat ini ditengah kota Indramayu tengah dikembangkan wisata buatan dengan memanfaatkan Sungai Cimanuk sebagai objeknya. Bahkan dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat Indramayu dan juga luar Indramayu.

            "Tengah diupayakan agar penataan Sungai Cimanuk ini bisa tersambung dari Waduk Bojongsari hingga ke Hutan Mangrove di Karangsong. Selain bersumber dari APBD kabupaten, kami juga tengah mencari dukungan dari APBD provinsi dan lainnya sehingga Cimanuk ini bisa seperti sungai yang ada di Venezia, Amsterdam, ataupun Prancis," katanya.

            Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Hj. Ida Hernida menjelaskan, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemkab Indramayu dengan merevitalisasi Sungai Cimanuk.  Apalagi di Bantaran Cimanuk juga akan berdiri megah gedung kesenian yang khusus dipertunjukan untuk kesenian.

Untuk itu sebagai dukungannya, Pemrov akan memberikan bantuan berupa panggung hidrolik yang bisa digunakan multi fungsi untuk pertunjukan diluar ruang bahkan bisa memungkinkan juga digunakan diatas air.

Kegiatan Sapta Pesona ini diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari PNS, masyarakat, pelajar, ormas, kompepar, pedagang dan unsur lainnya.  Dengan adanya gerakan Sapta Pesona ini maka masyarakat juga diharapkan bisa ikut menjaga kebersihan dan keindahan di berbagai objek wisata yang ada di Indramayu. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu


Lebih baru Lebih lama