Bupati Lantik Sudarmo Sebagai Kuwu Lobener

JATIBARANG 18/4/2012 (www.humasindramayu.com) -  Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah kembali melantik kuwu terpilih hasil pemilihan kuwu langsung yang diadakan secara serentak pada 7 Desember 2011 yang lalu. Baru dilantiknya Sudarmo sebagai kuwu Desa Lobener Kecamatan Jatibarang ini karena kuwu sebelumnya habis masa jabatannya pada 17 April 2012 kemarin. Pelantikan kuwu dipusatkan di kantor kuwu desa setempat, Rabu (18/4).

 

Pelantikan Kuwu Sudarmo ini berdasarkan Keputusan Bupati Indramayu Nomor 141.1/Kep.142-Otdes/2012 tentang Pengesahan dan Pengengkatan Calon Kuwu Terpilih Desa Lobener Kecamatan Jatibarang Hasil Pemilihan Kuwu Secara Serentak di Kabupaten Indramayu Tahun 2011.

 

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dalam sambutannya mengatakan, dengan pelantikan kuwu Lobener yang baru ini, Desa Lobener diharapkan dapat semakin maju dan berkembang. Kemudian kuwu juga harus bisa menjalankan tupoksi dengan penuh tanggung jawab, serta merajut kembali kebersamaan pasca pemilihan kuwu.

Bupati menegaskan, kuwu yang baru harus bisa menguasai administrasi pemerintahan, kewajiban dan larangan bagi kuwu, serta dapat melaksanakan tugas dan wewenang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kuwu juga harus segera berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mempelajari permasalahan yang ada, serta mencari upaya-upaya pemecahannya.

Selain itu, kuwu baru juga harus meningkatkan koordinasi dengan desa dan instansi terkait lainnya, guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi kuwu serta pemerintahan desa. "Kuwu juga harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan BPD, serta berikan pelayanan prima kepada masyarakat tanpa pandang bulu." Kata bupati.

Kuwu yang baru dilantik itu diharapkan bisa menyusun program kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, kembali menumbuh-kembangkan kehidupan bergotong-royong di kalangan masyarakat, dan meningkatkan aktifitas karang taruna, PKK, serta kegiatan lainnya. Hal lain yang juga harus diperhatikan oleh kuwu adalah memahami dan mengembangkan potensi desa, serta dapat menjalin hubungan yang baik dengan desa lainnya agar konflik horizontal yang rawan terjadi antar-masyarakat desa dapat dihindari. Pada kesempatan itu, bupati juga berharap banyak agar kuwu dapat menumbuh-kembangkan tradisi berswadaya dalam pelaksanaan pembangunan.

"Bagaimana pun juga, pembangunan tanpa dukungan swadaya masyarakat, tidak akan maksimal. Swadaya juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan memiliki masyarakat terhadap desanya." Kata bupati.

Pada pelantikan kuwu itu turut hadir Dandim 0616 Indramayu, perwakilan Polres Indramayu, Asisten Pemerintahan, Kepala Bagian Otonomi Desa, Camat, Muspika, para kepala OPD, undangan, dan ratusan warga masyarakat Desa Lobener. (deni/www.humasindramayu.com)

 

 

 

Lebih baru Lebih lama