Lomba Adipura Antar Desa/Kelurahan Siap Digelar

INDRAMAYU 21/8/2013 - Untuk menumbuhkan lingkungan yang bersih bagi seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu, maka harus dilakukan stimulan dan rangsangan agar masyarakat terus mau menjaga kebersihan dan kenyaman dilingkungannya, suasana bersih juga harus bisa dinikmati bagi seluruh warga masyarakat yang ada di pedesaan. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu akan melakukan penilaian lomba adipura antar desa / kelurahan se-Kabupaten Indramayu yang akan mulai pada akhir Agustus 2013 ini.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Ir. Zakaria Joko Hartawan mengungkapkan, program penilaian adipura antar desa/kelurahan ini merupakan penunjang utama dalam rangka penyuksesan peraihan kembali piala adipura untuk kategori kota kecil yang ke tujuh untuk periode 2013-2014 mendatang.

Penilian ini akan memicu peningkatan mutu kualitas lingkungan di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu sehingga tingkat kesehatan masyarakat akan lebih baik. Diharapkan dengan pelaksanaan program penilaian adipura antar desa / kelurahan pada periode tahun 2014-2015 mendatang Kabupaten Indramayu dapat meraih Adipura Kencana.

Lebih lanjut Wawan menjelaskan, yang menjadi ruang lingkup penilaian adalah seluruh lokasi desa/kelurahan pada masing-masing wilayah kecamatan dan khusus untuk kecamatan Indramayu dan Sindang tidak termasuk yang diniali dalam lomba adipura antar desa / kelurahan tetapi dilakukan penilaian dalam lomba kebersihan desa / kelurahan penunjang adipura. "Desa atau kelurahan pemenang pada masing-masing kecamatan selanjutnya akan dilombakan lagi untuk penilaian lomba tingkat kabupaten yang pelaksanaan penilaiannya oleh tim kabupaten," katanya.

Sementara itu yang menjadi objek penilaian adalah loksi perkantoran, lokasi jalan, lokasi sekolah, dan lokasi perairan terbuka. Untuk lokasi perkantoran yaitu kantor kelurahan / kantor kuwu dengan indikator penilaian pengelolaan sampah, kebersihan kamar mandi dan wc, saluran drainase dan tingkat penghijauan.

Lokasi jalan yaitu jalan utama dan jalan lingkungan atau jalan desa yang meliputi penilaian pada pengendalian sampah, penghijauan dan saluran drainase / saluran pembuang. Kemudian untuk lokasi sekolah yakni sekolah SD negeri dan yang menjadi indikator penilaiannya yakni pada pengelolaan sampah, kebersihan kamar mandi / wc, saluran drainase dan penghijauan. Sementara untuk lokasi perairan terbuka yaitu sungai / kali / waduk / saluran pembuang desa dengan indikator penilaian pada pengendalian sampah, gulma, dan rumput.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu Drs. Wawan mengatakan, dengan adanya lomba adipura desa / kelurahan ini diharapkan dapat tercipta suasana bersih dan sehat diseluruh lapisan masyarakat Indramayu.

Pihaknya sudah menyiapkan hadiah bagi para pemenang, untuk pemenang tingkat kecamatan disediakan hadiah berupa dana pembinaan sebesar 20 juta yang dipergunakan untuk pengadaan kendaraan motor roda tiga pengangkut sampah. Sementara untuk juara tingkat kabupaten disediakan hadiah berupa piala dan piagam serta dana pembinaan sebesar 35 juta yang dipergunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana kebersihan. (deni/humasindramayu)

 

Lebih baru Lebih lama