Antisipasi Bencana, Pemkab Siapkan 2 Miliar

Antisipasi Bencana, Pemkab Siapkan 2 Miliar

 

INDRAMAYU 23/1/2013 - Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menganggarkan dana tanggap darurat bencana alam sebesar Rp 2 miliar pada tahun 2013 ini. Dana tersebut, disiapkan untuk penanggulangan bencana alam seperti banjir, gelombang pasang atau rob serta bencana kekeringan.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar SH mengatakan, anggaran tersebut telah dialokasikan dalam APBD 2013 dan dana cadangan tersebut disiapkan untuk menghadapi ancaman bencana seperti banjir, kekeringan dan lainnya.

 

Dana tersebut disalurkan kepada warga yang membutuhkan melalui kecamatan masing-masing. Penyalurannya akan diberikan dalam bentuk sembako atau kebutuhan pokok sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terkena bencana. "Pemkab akan langsung memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak bencana alam. Teknisnya akan diserahkan di lokasi bencana," kata sekda.

 

Dana tanggap darurat ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam. "Curah hujan yang cukup tinggi saat ini, akan terus kita pantau. Kalau ada kejadian bencana alam, dana taktis itu langsungh kita kucurkan," katanya.

 

Sesuai Peraturan Bupati Indramayu Nomor 160 tahun 2012 tentang tanggap darurat dan bantuan darurat bencana, bahwa bencana yang ditimbulkan oleh alam maupun manusia perlu segera diupayakan penanganan dan penaggulangan baik dalam tahap sebelum, selama, maupun sesudah bencana terjadi.

 

Selain itu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kelaparan akibat korban bencana, pemkab telahh menyiapkan stok beras sedikitnya 2 ton dan sejumlah mie instan untuk ditempatkan pada setiap kecamatan.

 

Kebutuhhan tersebut dapat digunakan pada saat kecamatan itu terjadi bencana. Sementara untuk penanganan serta rehabilitasi sarana dan infrastruktur akibat bencana dialokasikan melalui dinas atau instansi yang menangani. (deni/humasindramayu@gmail.com)



--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih
Lebih baru Lebih lama