Gempur Gakin Telah Salurkan 
Rp 1,2 M
Setiap hari, sedikitnya lima hingga 10 warga miskin (Gakin) dari berbagai wilayah memanfaatkan keberadaan Yayasan Gerakan Masyarakat Peduli Rakyat dan Keluarga Miskin (Gempurgakin) Kabupaten Indramayu untuk mengajukan berbagai permohonan bantuan.
Ketua Yayasan Gempurgakin Kabupaten Indramayu, H Moch Sofyan didampingi Solihin mengatakan, bila dibandingkan untuk keperluan pendidikan maupun perbaikan rumah ataupun lainnya, permohonan untuk keperluan biaya kesehatan masih mendominasi. "Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyalurkan sejumlah dana kepada tiga rumah sakit (RS) yang ada di Kabupaten Indamayu," katanya.
Disebutkan Sofyan, ketiga rumah sakit yang dimaksud adalah RSUD Indramayu sebesar Rp 15 juta setiap bulann, RS Bhayangkara Losarang Rp 10 juta per bulann dan RS Sentot Patrol sebesar Rp 8 juta setiap bulan.
Menurutnya, selama tahun 2009, dana yang telah digulirkan untuk membantu berbagai kebutuhan para gakin sekitar Rp 1,2 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membantu di bidang kesehatan sebanyak 536 gakin, 200 KK perbaikan rumah, 2.000 paket sembako untuk panti asuhan serta realisasi hasil momen rakyat ketemu bupati (RKB) dan rakyat ketemu camat (RKC) yang diselenggarakan setiap Jumat. Semua dana penyaluran itu, bersumber dari dana abadi yang tersedia sebesar Rp 12 miliar.
Sofyan menambahkan, sepanjang permohonan tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan, maka proses pengajuannya akan berjalan cepat dan mudah. Sofyan juga berharap dukungan dari para donatur terus bertambah, sehingga fungsi Yayasan Gempur Gakin benar-benar mampu membantu berbagai permasalahan sosial yang dihadapi gakin di Indramayu. (dens/humasindramayu)
Lebih baru Lebih lama