13.367 Siswa Ikuti Ujian Nasional
               Ujian nasional (UN) mulai hari Senin (22/3) mendatang digelar serentak di seluruh Indonesia, untuk pelajar tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA). Di kabupaten Indramayu, tercatat sebanyak 13.367 peserta UN tahun ini, terdiri dari 5.911 siswa SMA, 5.671 siswa SMK dan 1.785 siswa MA.
               Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Indramayu, Drs H Odang Kusmayadi MM menjelaskan, jadwal ujian untuk tahun ini memang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar pada April. Hal ini karena jadwal ujian tahun ini dibagi dua tahap, yakni ujian utama dan ujian ulangan atau susulan. Ujian ulangan atau susulan akan diberikan kepada pelajar yang tidak lulus saat ujian utama. Ujian utama dilaksanakan Senin (22/3) hingga Jumat (26/3). Sedangkan ujian ulangan atau susulan akan dilaksanakan pada 10 hingga 14 Mei 2010.
               Dalam UN kali ini ada enam mata pelajaran yang akan diujikan. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama hingga hari ketiga, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Setelah itu, mata pelajaran yang diujikan disesuaikan dengan jurusan atau jenis sekolah.
               Peserta ujian nasional akan dinyatakan lulus jika memiliki nilai rata-rata minimal 5,5 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. Khusus untuk sekolah menengah kejuruan, nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.
               Odang menambahkan, pelaksanaan UN tahun ini juga diawasi secara ketat oleh tim pengawas independen dari perguruan tinggi. Sementara dalam pendistribusian soal juga dijaga ketat petugas kepolisian, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebocoran soal.(dens/humasindramayu)
Lebih baru Lebih lama