1000 Orang Bersihkan Saluran Sekunder Kandanghaur


                Sebanyak 1000 orang yang berasal dari unsur TNI, Polri, KTNA, dan masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu melakukan aksi bersih-bersih sungai di Saluran Sekunder Kandanghaur yang berada di Desa Sidadadi Kecamatan Haurgeulis, Senin (03/10/2016).

                Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Wakil Bupati Indramayu H. Supendi yang juga dihadiri oleh perwakilan BNPB, BPBD Jawa Barat, serta lainnya.

                Kepala Harian BPBD Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana menjelaskan, kegiatan bersih-bersih sungai tersebut dimulai dari saluran induk Desa Bugis sampai saluran induk Desa Kedungdawa pada 7 (tujuh) titik lokasi yang dilewati oleh Saluran Sekunder Kandanghaur.

                Edi menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-489 dan juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana. Apel siaga ini juga untuk mengetahui kesiapan personil untuk melaksanakan bersih-bersih sungai dan menumbuhkan jiwa kegotong-royongan dan kepedulian semua pihak terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga.

                Sementara itu Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi, mengatakan, kegiatan kebersihan sungai ini harus terus dilanjutkan pasalnya sangat penting karena wilayah Indramayu merupakan muara dari berbagai sungai besar yang ada di Jawa Barat.

                "Kejadian musibah di Kabupaten Garut harus dijadikan pelajaran semua pihak. Apalagi di Kabupaten Indramayu sebagai muara dari Sungai Cimanuk. Sehingga air meluap dan tanggul jebol harus diantisipasi dari saat ini," tegas wabup.

                Selain itu, adanya perkiraan cuaca dari BMKG bahwa tingkat curah hujan bulan Oktober sampai Januari ini akan tetap tinggi sehingga harus diwaspadai. Namun disisi lain, hal ini bisa juga menguntungkan petani yang berharap banyak terhadap keberadaan air. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

               

 

Lebih baru Lebih lama