18.000 Lowongan Diperebutkan Para Pencari Kerja

18.000 Lowongan Diperebutkan Para Pencari Kerja

 

INDRAMAYU 2/6/2014 – Sebanyak 18.000 lowongan kerja dari 40 perusahaan diperebutkan oleh para pencari kerja di Kabupaten Indramayu. Para pencari kerja tersebut secara bersama-sama mendatangi Job Fair 2014 yang diadakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Indramayu H. Supendi, M.Si, Senin siang (2/6) di Halaman GOR Singalodra Sindang Indramayu.

 

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu H. Supendi seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengatakan, permasalahan kependudukan dan ketenagakerjaan menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Indramayu, antara  lain masih belum seimbangnya   antara pencari kerja dengan kesempatan kerja yang ada. Untuk itu Pemkab Indramayu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para investor untuk bisa membuka perusahaan di Kabupaten Indramayu. Jika para investor bisa masuk maka kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan semakin terbuka.     

 

Pada tahun 2013, dari total jumlah penduduk Indramayu yang mencapai 1.683.460 jiwa terdapat 3,62 persen atau 61.549 orang yang belum mendapatkan pekerjaan. Meskipun belum masuk kategori mengkhawatirkan namun bukan berarti tidak menjadi masalah. Oleh karena itu Pemkab Indramayu terus berupaya untuk mencarikan solusi terbaik kepada masyarakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan.

 

Saat ini terdapat 5 faktor penyebab terjadinya pengangguran di Indramayu yakni, jumlah angkatan kerja sangat tinggi, pertumbuhan kesempatan kerja masih sangat rendah, pendayagunaan tenaga kerja rendah, tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja masih rendah, dan penyebaran penduduk yang tidak merata di tiap kecamatan.

 

"Faktor-faktor tersebut memberikan dampak yang sangat besar bagi masalah ketanagakerjaan, masalah tersebut hanya dapat diatasi dengan komitmen bersama antara pemerintah, penyalur tenaga kerja, dunia usaha, dan pencari kerja itu sendiri," tegas wakil bupati.

 

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu Daddy Haryadi mengatakan, dalam bursa kerja ini diharapkan lowongan tenaga kerja yang tersedia mampu terserap oleh para pencari kerja secara cepat. Lowongan kerja dalam negeri yang tersedia sebanyak 14.000 sedangkan 8.000 lowongan untuk di luar negeri.  Job fair ini diharapkan dapat  mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Indramayu.

 

Pada hari pertama pelaksanaan bursa kerja ini ribuan orang langsung menyerbu seluruh stand yang ada dan menanyakan formasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Bahkan sejumlah surat lamaran pun juga langsung diserahkan kepada petugas stand. Pelaksanaan bursa kerja 2014 sendiri akan berlangsung sampai dengan 4 Juni mendatang. (deni/humasindramayu)

 

 

Lebih baru Lebih lama