Ikhtiar Meningkatkan Kinerja dan Prestasi PNS

 

Indramayu Bangkit

Ikhtiar Meningkatkan Kinerja dan Prestasi PNS

 

INDRAMAYU (Humas Indramayu) - Pada tahun 2014 mendatang Pemerintah Kabupaten Indramayu akan mencanangkan tahun peningkatan kinerja dan prestasi menuju Indramayu Bangkit. Pencanangan ini dimaksudkan untuk memotivasi seluruh jajaran pemerintahan, dalam hal ini para pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat secara keseluruhan agar dapat meningkatkan kinerja dan prestasinya masing-masing.

Hal ini ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, bangkitnya Indramayu pada hari ini dan akan datang sangat ditentukan oleh kinerja aparat pemerintahannya. Kinerja aparat pemerintahan yang baik akan berdampak pada pencapaian prestasi, demikian juga sebaliknya. Ketika kinerja dan pretasi ini bisa ditingkatkan, maka secara keseluruhan akan berimbas terhadap bangkitnya Kabupaten Indramayu dari segala ketertinggalan.

Untuk meningkatkan kinerja aparatur, pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan, diantaranya PP nomor. 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil dan PP nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil. Kedua peraturan pemerintah ini merupakan rujukan bagi pembina kepegawaian dan para PNS dalam menjalankan tugasnya. Untuk mencapai kinerja yang maksimal, seluruh PNS harus memedomani kedua PP ini dan mengimplementasikannya secara konsekwen.

Peningkatan kinerja dan prestasi tidak bisa dicapai begitu saja. Indramayu Bangkit juga tidak bisa diwujudkan tanpa ikhtiar yang nyata dan jelas. Dalam konteks ini, lanjut bupati,  penegakan disiplin PNS yang merujuk pada peraturan pemerintah tersebut menjadi hal yang niscaya, yang tidak bisa tawar, apalagi diabaikan.

Sebelumnya, Inspektur Kabupaten Indramayu Nuradi mengharapkan agar PNS harus tunduk dengan aturan yakni masuk dan pulang kantor tepat waktu serta mengikuti apel pagi. Jika tidak ada tindakan tegas, dikhawatirkan pelayanan kepada masyarakat akan menurun dan terganggu. Saat ini banyak PNS di Indramayu yang rajin namun dalam pengamatan Inspektorat terus mengalami penurunan karena telah terpengaruh oleh PNS yang malas.

"PNS Indramayu harus menunjukan kualitas yang baik dengan memberikan contoh kepada masyarakat, salah satunya dengan mengikuti apel pagi. Mengikuti apel pagi salah satu komitmen dari PNS tersebut apakah siap bekerja atau tidak," tegas Nuradi.

Sementara itu untuk mempersiapkan peningkatan kinerja di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu, Bagian Umum telah menyiapkan 11 mesin absensi sidik jari yang akan digunakan untuk seluruh pejabat eselon II, III dan staf di Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu.

"Mesin absensi sidik jari ini merupakan upaya kita untuk mengingkatkan kedisiplinan PNS di lingkup Setda, dengan menggunakan ini kita menjadi lebih tahu tingkat kedisiplinan PNS antara yang rajin dan yang tidak," kata Kabag Humas dan Protokol Setda Indramayu Drs. Wawan. (deni/humasindramayu)

 

Lebih baru Lebih lama