Tahun 2012 Dibangun Sodetan

KRANGKENG 21/9/2011 (www.humasindramayu.com) – Gagal panen yang kerap menimpa petani di wilayah Kecamatan Krangkeng kedepan diharapkan tidak akan terjadi lagi. Setidaknya dengan adanya hembusan angin segar dari Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah, saat berkunjung ke Desa Srengseng Kecamatan Krangkeng, Selasa (20/9). Bupati mengatakan, tahun 2012 yang akan datang rencananya akan dibangun sodetan kali yang akan membantu pengairan sawah di wilayah Kecamatan Krangkeng.
Dikatakannya, untuk mewujudkan hal tersebut saat ini pihak Dinas Pengelola Sumberdaya Air Pertambangan dan Energi tengah melakukan penjajagan ke lapangan guna menindaklanjuti keinginan warga. Rencananya sodetan kali itu akan diambil dari Kali Kumpul Kista yang ada di perbatasan Indramayu – Cirebon.
"Karena pembangunan sodetan tersebut akan memakan tanah warga, kami juga mengajak warga untuk ikut membantu program ini dengan tidak mempersulit. Jangan sampai karena akan dibangun sodetan, warga justru langsung menaikkan harga tanah," harap Bupati Anna.
Pada kesempatan itu Bupati juga memberikan bantuan sembako bagi warga Desa Srengseng yang kurang mampu. Menurutnya, bantuan diberikan untuk meringankan beban warga yang mungkin mengalami kesulitan pangan di musim kemarau ini.
Camat Krangkeng, H. Cusomo SH CN, juga menyambut baik rencana pembangunan sodetan kali di wilayahnya. Sebab hal itu akan sangat membantu petani, yang selama ini sering mengalami gagal panen. Dikatakannya, selama ini petani di wilayahnya dalam satu tahun hanya bisa panen satu kali. Hal ini terjadi karena letak geografis yang tidak mendukung, yaitu selalu mengalami kesulitan air ketika musim kemarau tiba.
"Kami tentu saja berharap agar pembangunan sodetan tersebut bisa secepatnya direalisasikan, agar petani kita tidak lagi mengalami kesulitan dalam masalah air," tandasnya.(deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama