TNI KB Kes Harus Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat


TNI KB Kes Harus Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

 

            INDRAMAYU 29/5/2013 – Pelaksanaan kegiatan bakti TNI KB Kesehatan harus bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Masyarakat akan lebih mudah diberi pengertian dengan bukti langsung dan perlu dilibatkan secara langsung menjadi pelakunya dan subyek kegiatan, sedangkan pemerintah berfungsi sebagai fasilitator. Hal itu ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika membuka Rakor TNI KB-Kes Tahun 2013 yang berlangsung d gedung Patra Ayu, Rabu (29/5).

            Selama ini, lanjut bupati, bila mempertimbangkan pelaksanaannya, kegiatan Bhakti TNI KB Kes terpadu Kodim 0616 Indramayu ini sudah menjadi hal yang rutin, bahkan terkesan hanya bersifat seremonial, diharapkan kegiatan yang akan mulai dicanangkan pada 4 Juni mendatang lebih berdampak dan dirasakan langsung ditengah-tengah masyarakat.

"Kerjasama antara BPPKB, Dinas Kesehatan, dan Kodim 0616 Indramayu adalah  merupakan bentuk kepeduliaan bersama dalam membantu mewujudkan sasaran pembangunan, khususnya pembangunan yang berkaitan dengan kependudukan," kata bupati.

Dalam pelaksanaannya, harap bupati, dapat memberikan perhatian tehadap aspek spesifikasi wilayah sesuai dengan semangat desentralisasi guna mengakselerasikan pencapaian cakupan sasaran, terutama penduduk yang mempunyai resiko tinggi dan kemandirian masyarakat serta membudayakan perilaku hidup bersih, sehat dan bertanggung jawab. Harapan tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah guna lebih memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran aktif masyarakat untuk ikut menangani pembangunan, sementara peranan pemerintah akan dialihkan dari pelaksana menjadi pengarah dan fasilitator.

Selain itu, kegiatan TNI KB Kes  juga dituntut untuk mampu mengimplementasikan berbagai program yang mengarah pada visi pembangunan kesehatan "Indonesia Sehat" melalui misi antara lain Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan, Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat, memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan bermutu, merata dan terjangkau, serta memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat beserta lingkungannya.

Rakor Bhakti TNI KB Kes tersebut selain dihadiri Bupati Indramayu juga dihadiri Dandim 0616 Indramayu, para Danramil, kepala UPTB BPPKB, Kepala UPTD Kesehatan, dan Kepala Dinas Kesehatan, serta para undangan lainnya. (deni/humasindramayu.com)

 


Lebih baru Lebih lama