Bupati Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan
INDRAMAYU 19/2/2013 – Bupati Indramyu Hj. Anna Sophanah mengaku tidak mau lagi mendengar keluhan dari masyarakat tentang buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu. Bupati meminta, seluruh jajaran di RSUD Indramayu harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, sehingga keberadaan RSUD sebagai rumah sakit pertama di Indramayu dapat menjadi andalan dan kebanggaan warga Indramayu.
Bupati Hj. Anna mengakui, ia banyak mendengar keluhan dari berbagai lapisan masyarakat mengenai RSUD Indramayu, di antaranya buruknya pelayanan, lambatnya penanganan medis, kurang ramahnya tenaga medis dan paramedis, sampai kebersihan dan kenyamanan yang terasa kurang.
"Ke depan, hal ini harus kita antisipasi sehingga tidak akan lagi terdengar keluhan dari masyarakat mengenai buruknya pelayanan di RSUD Indramayu," kata Hj. Anna saat memberi sambutan pada Pemaparan Master Plan RSUD Indramayu di Aula BJB Indramayu.
Dikatakan, RSUD Indramayu sebagai rumah sakit pertama milik Pemerintah Kabupaten Indramayu tentunya harus mampu menjadi pelopor yang terbaik. Oleh karena itu, lanjutnya, peningkatan kualitas sarana dan prasarana memang mutlak menjadi perhatian.
Dijelaskan, rumah sakit yang berkualitas tentunya tidak dilihat hanya dari megahnya bangunan dan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, tetapi juga menyangkut kualitas pelayanan, kebersihan, kenyamanan, keamanan, juga keramahan para stafnya, petugas medis dan para medisnya.
Menurut Bupati, yang diharapkan dari masyarakat adalah adanya sebuah rumah sakit yang baik, representatif, dan berkualitas. Oleh karena itu, tandasnya, perlu kerja keras dari seluruh jajaran RSUD agar dapat memenuhi ekspektasi masyarakat, sehingga tumbuh kepercayaan dari masyarakat terhadap RSUD.
"Jujur saja, masyarakat Indramayu manakala sakit masih banyak yang berobat di luar Indramayu. Ini menjadi bahan introspeksi bagi kita jangan-jangan rumah sakit yang ada di Indramayu belum memenuhi ekspektasi masyarakat," ujarnya.
Bupati berharap, bertambahnya bangunan di RSUD Indramayu diimbangi juga dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. "Saya sangat berharap RSUD Indramayu dapat memperbaiki kinerjanya dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga RSUD ini benar-benar menjadi rujukan utama untuk berobat bagi warga Indramayu," pintanya.
Habiskan Rp 2 milliar
Sementara itu Direktur RSUD Indramayu dr. Ahmad Rosdi saat mempresentasikan master plan mengatakan, saat ini tengah dilakukan pengembangan luas lahan dan bangunan RSUD Indramayu yakni yang terletak di sebelah selatan atau sebelah utara GOR Singalodra.
"Beberapa bangunan akan tetap dipertahankan dengan dua kemungkinan yaitu digunakan untuk fungsi yang sama dengan kondisi saat ini atau mengalami perubahan fungsi kegiatan. Untuk bangunan di sebelah selatan rencananya akan dibangun 3 lantai yang akan dipergunakan untuk berbagai fungsi, rencananya anggaran yang disiapkan mencapai 200 miliar," tandasnya.
Seusai mendengarkan expose, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah bersama dengan Sekretaris Daerah dan jajaran RSUD melakukan peninjauan ke berbagai ruangan dan menyapa warga masyarakat yang berada disepanjang lorong rumah sakit tersebut. (deni/dedi/www.setda.indramayukab.go.id)
--