Ratusan Imam Masjid Sumringah

SUKAGUMIWANG 23/4/2012 (www.humasindramayu.com) - Mimik wajah ceria terpancar dari salah seorang imam masjid yang baru saja menerima bantuan uang tunai dari Pemkab Indramayu. Penantian selama 3 bulan akhirnya bisa terwujud.

 

"Alhamdulilah, terima kasih Ibu Bupati," kata H. Fathullah, salah seorang imam masjid dari Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu pada Jum'at (20/4) sore.

 

Ia baru saja menerima tunjangan honor imam masjid dari Pemerintah Kabupaten Indramayu yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah pada acara Orientasi Imam Masjid se-Jawa Barat di Pondok Pesantren Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang.

 

Pada hari itu merupakan kabar gembira bagi sekitar 800 imam masjid di Kabupaten Indramayu. Khususnya mereka yang selama ini telah mengabdi, menjadi imam masjid di desa-desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Indramayu.

 

Pemberian tunjangan untuk imam masjid ini diberikan untuk tri wulan pertama pada tahun ini. "Untuk pemberian tunjangan imam masjid pada kegiatan yang sekaligus berbarengan dengan oOrientasi Imam Masjid se-Jawa Barat ini diberikan secara simbolis kepada perwakilan tiap-tiap imam masjid yang ditunjuk," jelas Ketua Forum Komunikasi Imam Masjid (Forkim) Kab Indramayu , KH. Syakur Yasin.

 

Secara keseluruhan, untuk seluruh imam masjid yang ada sebanyak 800 orang imam masjid, APBD Indramayu menganggarkan sekira Rp 1,4 miliar per tahunnya.

 

Komitmen

Tunjangan bagi para imam masjid ini diberikan pertama kali saati kepemimpinan Bupati Indramayu dijabat oleh H. Irianto MS. Syafiuddin atau yang biasa dikenal Yance. Diberikannya tunjangan untuk imam masjid ini tidak terlepas dari komitmennya sebagai bupati pada waktu itu.

 

Tujuannya tak lain agar imam masjid diperhatikan dari sisi kesejahteraannya dan lebih berdaya dalam memakmurkan masjid serta membawa umat pada syiar Islam yang lebih pesat.

 

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah pada kesempatan itu mengungkapkan, pemberian tunjangan bagi para imam masjid tersebut adalah sebagai upaya dari Pemkab Indramayu dalam memandang imam masjid adalah elemen masyarakat yang sangat membantu pemerintah daerah dalam pembentukan karakter masyarakat yang berakhlak baik.

 

"Keberadaan imam masjid merupakan partner pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang religius, maju, mandiri, dan sejahtera, serta besar peranannya dalam menciptakan stabilitas dan kondusivitas daerah." Kata bupati. (deni/www.humasindramayu.com)

 

Lebih baru Lebih lama