Hari Ibu Momentum Membangun Ketahanan Ekonomi

INDRAMAYU 22/12/2011 (www.humasindramayu.com) – Ibu dan kaum perempuan di Indonesia saat ini memiliki kesempatan bersama dengan kaum laki-laki untuk membangun ketahanan ekonomi. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si ketika memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-83 tahun 2011 tingkat Kabupaten Indramayu yang berlangsung di Alun-alun Indramayu, Kamis (22/12).

Kesempatan perempuan untuk berkarya tersebut dapat meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat  bahwa keterlibatan perempuan di bumi nusantara mengiringi kebangkitan nasional pada tahun 1908, sehingga perempuan pada masa lalu dan masa kini tidak dapat diabaikan begitu saja. Kaum perempuan Indonesia bersama-sama kaum laki-laki merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara, dan sebagai pejuang bangsa dalam menegakan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai dengan kodrat dan kemampuannya.

Peran perempuan dalam mengimplementasikan ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan  bangsa dapat dilakukan dengan mengembangkan industri perumahan sebagai sumber pendapatan dan penciptaan lapangan kerja. Mengembangkan industri perumahan membangun perekonomian keluarga dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemudian juga dapat meningkatkan kesehatan keluarga menunjang pemberdayaan ekonomi rumah tangga, dan meningkatkan peran perempuan dalam pemberdayaan ekonomi menunjang pembangunan komunitas ASEAN.

"Puncak peringatan Hari Ibu  ke- 83 ini diharapkan dapat memotivasi perempuan Indonesia baik secara kelompok maupun individu untuk berpartisipasi aktif membangun bangsa di berbagai  sektor. Untuk mewujudkan itu semua, mustahil apabila pemerintah dapat melakukannya sendirian. Untuk itu melalui semangat hari ibu kali ini, saya ingin mengajak  semua komponen masyarakat untuk merapatkan barisan dan menyatukan tekad serta semangat bersama.  Kaum  perempuan bersama-sama dengan kaum laki-laki dalam seluruh elemen masyarakat harus menumbuhkan komitmen dan kerjasama, tanpa adanya kerjasama dan komitmen yang kuat, tidak mungkin kita dapat mewujudkan ketahanan ekonomi menuju kesejateraan bangsa." kata Supendi.

Pada upacara puncak tersebut bertindak selaku komandan upacara AKP Juharini (Kapolsek Indramayu), pembaca sejarah singkat hari ibu oleh Ny. Sri Mulyaningsih (Istri ketua DPRD), pembaca teks pancasila oleh Ny. Rudi Setiawan (Ketua Bhayangkari), dan pembaca pembukaan UUD 1945 oleh Ny. Dian Kurnia Hari Arif Wibowo (Ketua Persit Kartika Chandra Kirana), dan pengibar bendera oleh istri camat.

Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Indramayu juga digabung dengan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan Ke-12 dan Pencanangan Bulan Pemeriksaan Ibu Hamil Tahun 2011 Tingkat Kabupaten Indramayu, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. (deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama