2.000 Batang Pohon Untuk Lokasi Transmigrasi Lokal

TERISI 28/11/2011 (www.humasindramayu.comm) – Sebanyak 2.000 batang pohon Jati, Mahoni, Jabon, Mangga, dan Petai ditanam di lokasi pemukiman transmigrasi lokal Blok Ciputat Desa Cikawung Kecamatan Terisi. Pelaksanaan pohon ini merupakan awal dari pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) dalam rangka Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2011 tingkat Kabupaten Indramayu, Senin (28/11).

 

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Indramayu Ir. Firman Muntako menjelaskan, maksud dari penanaman ini sebagai sarana edukasi karena dapat meningkatkan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh componen bangsa pentingnya menanam dan memlihara pohon. Kemudian mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan.

 

Sementara yang menjadi lokasi sasaran kegiatan adalah tanah kosong dan lahan kritis baik dalam kawasan hutan negara maupun diluar kawasan hutan serta ruang terbuka hijau.

 

Firman Muntako menambahkan, secara serempak kegiatan menanam pohon juga dilakaukan pada hari ini. Dalam rangka penanaman satu milyar pohon secara nasional, target Kabupaten Indramayu sebanyak 6.100.000 batang baik dalam kawasan hutan negara maupun di luar kawasan hutan. Sampai dengan bulan Okotober 2011 di Kabupaten Indramayu telah tertanam 513.900 batang melalui berbagai program dan kegiatan. Sisanya akan ditanam pada bulan Nopember – Januari sesuai dengan musim penghujan.

 

Dalam target 6.100.000 batang pohon di wilayah Indramayu, akan tertanam sebanyak 6.133.906 batang dengan rincian : dalam kawasan hutan oleh Perum Perhutani sebanyak 4.272.406 batang pada lahan seluas 2.468.26 hektar. Sementara diluar kawasan hutan, lebih dari 1.861.500 batang seluas 3.194.25 hektar. Kegiatan tersebut mampu mengatasi lahan kosong dalam kawasan hutan seluas 2.468,26 hektar dan di luar kawasan hutan seluas 3.194,25 hektar.

 

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyambut baik kegiatan penanaman pohon ini karena ditanam di areal transmigrasi lokal. Selain bisa bermanfaat bagi lingkungan, penanaman pohon ini juga diharapkan berdampak secara ekonomi. "Setelah ditanam, diharapkan masyarakat ikut serta menjaga pohon yang telah ditanam ini. Jangan sampai pohon yang belum besar ditebang kemudian disalahgunakan, ini akan merugikan kita semua." kata bupati.

 

Sementara itu Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Ali Sanjaya mengatakan, kegiatan ini diharapkan terus bisa dilaksanakan dan ditingkatkan melalui kerjasama lintas sektoral antara pemerintah, TNI, dan elemen masyarakat luas lainnya sehingga kelestarian lingkungan hidup dapat terjaga dengan baik.

 

Kegiatan pencanangan ini selain dihadiri bupati dan danrem, juga dihadiri oleh muspida, kepala OPD, camat se Kabuoaten Indramayu, OKP, dan ormas serta para pelajar. (deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama