Pemkab Segera Bangun RSUD di Karangampel

 

KARANGAMPEL 15/7/2011 (www.humasindramayu.com) – Kecamatan Karangampel dipilih menjadi lokasi baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang akan dibangun oleh Pemkab Indramayu. Kepastian ini menyusul telah dilakukannya studi kelayakan pendirian rumah sakit oleh konsultan asal Bandung, serta melibatkan dinas maupun instansi terkait.

 

"Hasil studi kelayakan memang belum diketahui. Tapi lokasi RS yang baru ini sudah ditetapkan di Karangampel. Lokasi tepatnya belum ditentukan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. H. Suwardi Astradipura, MARS, Kamis (14/7).

 

Dipilihnya Karangampel, menurut Suwardi, karena wilayah tersebut dinilai strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat lainnya di wilayah Indramayu bagian timur. Seperti masyarakat Kecamatan Sliyeg, Juntinyuat, Kedokanbunder, Jatibarang dan sekitarnya.

 

Apalagi, sejak lama masyarakat di kawasan Indramayu timur lebih memilih berobat ke RS yang ada di Cirebon karena mudah dijangkau, disbanding harus ke RSUD Indramayu yang jaraknya lebih jauh.

 

"Pembangunan rumah sakit baru ini juga merupakan aspirasi masyarakat yang direspon serius oleh Bupati Indramayu. Sama halnya dengan pembangunan RSUD MA Sentot Patrol yang bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Indramayu barat," katanya.

 

Dijelaskan Suwardi, studi kelayakan ini merupakan awal kegiatan perencanaan rumah sakit secara fisik dan non fisik yang berisi tentang kajian kebutuhan pelayanan, sarana, fasilitas, peralatan medik, non medik, dana serta tenaga yang dibutuhkan untuk layanan yang akan diberikan.

 

Termasuk kajian kemampuan pembiayaan. Sehingga pembangunan RS yang baru benar-benar memenuhi seluruh aspek. "Jika proses ini tuntas maka dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya ke tingkat teknis," pungkasnya.

 

Sementara itu, meski pembangunan RS baru ini belum dilaksanakan, namun masyarakat di wilayah Indramayu timur merespon positif rencana tersebut. Pasalnya di kawasan itu belum tersedia rumah sakit daerah. (deni/humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama