Inspektorat Tangani 688 Temuan

Rabu, 30 Desember 2009









Selama tahun 2009 Inspektorat Kabupaten Indramayu menemukan 688 temuan yang berada di masing-masing OPD, kecamatan, sekolah, dan juga pemerintah desa. Hal itu terungkap dalam kegiatan gelar pengawasan yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Indramayu Rabu (30/12) di Aula setempat.



Kepala Inspektorat Kabupaten Indramayu Moch. Rahmat mengungkapkan, selama tahun 2009 banyak mengalami penurunan temuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Inspektorat melansir, pada tahun 2007 terdapat 2.048 temuan kemudian 2008 sebanyak 1.812 temuan dan pada 2009 mengalami penurunan yakni 688 temuan.



Ia menambahkan, penurunan temuan ini dikarenakan OPD sudah memahami aturan yang berlaku kemudian memiliki komitmen untuk memperbaiki dan tidak melakukan pelanggaran serta tidak ingin tersandung kasus hukum. Namun demikian, penurunan temuan ini sudah membuktikan bahwa ada peningkatan dalam mengelola manajerial pemerintahan di Indramayu. “Dari temuan itu ada yang sudah diselesaikan dan belum, bagi yang belum maka maksimal selama 2 minggu harus sudah diselesaikan semuanya,” katanya.



Selama tahun 2009 pula Inspektorat mencatat terdapat 98 pengaduan dari masyarakat yang sebagian besar merupakan kasus indisipliner pegawai. Pihaknya telah menindaklanjuti dari pengaduan itu yakni dengan cara pemberhentian kepada 9 orang, non job 3 orang, turun pangkat 11 orang, penundaan kenaikan gaji berkala 3 orang, teguran 5 orang, dan sudah diterusakan kepada proses hukum sebanyak 6 orang. Kemudian dari temuan tersebut, Inspektorat juga berhasil menyelamatkan uang negara sekitar 5 Miliar. (dens)
Lebih baru Lebih lama