”Untuk Kemaslahan Indramayu dan tidak Berpolitik” H. Muhammad Rakhmat, S.H.M.H. (Ketua FKPPIR):

H. Muhammad Rakhmat, S.H.M.H. (Ketua FKPPIR):
”Untuk Kemaslahan Indramayu dan tidak Berpolitik”

Latar belakang dideklarasikannya Forum Komunikasi Pengawal dan Pengaman Indramayu Remaja (FKPPIR) adalah untuk menyamakan persepsi dan komitmen di kalangan pejabat dalam upaya meneruskan Visi Indramayu Religius, Maju, Mandiri, dan Sejahtera (Remaja). Visi ini sekaligus sebagai Visi H. Irianto M.S. Syafiuddin dalam kapasitasnya sebagai Bupati Indramayu.
Diharapkan dengan dikawal secara intensif, Indramayu Remaja itu tidak sekedar wacana, tetapi benar-benar dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata dan manfaatnya dirasakan semua pihak tanpa terkecuali. Beberapa waktu yang lalu, MH berkesempatan mewawancarai Ketua FKPPIR H. Muhammad Rakhmat, S.H., M.H. secara panjang lebar. Berikut petikan wawancaranya.
MH: Apa yang melatarbelakangi dibentuknya FKPPIR ini?
Berangkat dari persamaan persepsi dan komiten para pejabat untuk meneruskan visi Indramayu Remaja. Awalnya itu. Yang kedua kita mempunyai komiten bahwa apa yang dilakukan Bupati Yance semua kebijakannya menyentuh masyarakat. Intinya bagaimana beliau memproteksi masyarakat Indramayu sesuai dengan yang diidam-idamkan. Sehingga dengan forum ini kami sepakat bekerja dan berjuang bersama Pak Bupati untuk mewujudkan masyarakat Indramayu yang religius, maju, mandiri, dan sejahtera,
MH: Kapan forum ini terbentuk?
FKPPIR terbentuk sejak 1 November yang lalu dengan tujuan mengawal Visi Indramayu Remaja. Namun, sebenarnya keinginan untuk membentuk forum ini sudah dari dulu, belasan tahun yang lalu tetapi tidak pernah terwujud. Baru sekarang kami mewujudkannya pada kepemimpinan Pak Yance. Karena pertimbangannya dulu visi dan misi pembangunan kurang jelas. Tetapi ketika Pak Yance memimpin Indramayu, visinya, ternyata sejalan dengan tujuan masyarakat dan jelas. Jadi ya kita bentuk karena momentumnya tepat.
MH: Siapa Saja angotanya?
Mulai dari eselon IVb sampai dengan eselon IIa. Kami sepakat membentuk forum salah satu tujuannya untuk memproteksi anggota. Kami juga nantinya hendak mendirikan koperasi dan akan mendaftarkannya kepada notaris sehingga berbadan hukum, juga agar forum ini tidak dinyatakan liar. Kita mempunyai kemauan yaitu bagaimana kita untuk memproteksi anak cucu Indramayu agar jangan sampai terlantar. Namun, meski forum ini digagas oleh birokrat, ke depan anggota forum ini dapat siapa saja seperti ulama, LSM, wartawan, dan lain-lain asalkan mempunyai komitmen membangun Indramayu Remaja.
MH: Forum ini digagas oleh para birokrat. Sementara birokrat sendiri sudah mempunyai wadah organisasinya yakni KORPRI. Apa bedanya foum ini dengan organisasi KORPRI?
Bentuk paling riil dari kehadiran forum ini adalah membela anggotanya. Meski sebagai pegawai pemerintah (Red: PNS) secara otomatis kita menjadi anggota KORPRI, namun dalam banyak hal kita berbeda dengan KORPRI. Contohnya, kalau ada anggota KORPRI masuk penjara. Teman-teman Korpri tidak bisa membela dalam pengadilan karena keterbatasan. Tapi kalau forum ini bisa membantu dengan cara mengambil pengacara yang profesional, untuk memproteksi teman-teman birokrat, termasuk melindungi PNS yang bermasalah dengan hukum, dimana untuk pembiayaannya berasal dari iuran anggota.
MH: Sejauhmana dalam pembelaan hukumnya?
Pada dasarnya semua masyarakat mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum hanya pada anggota kita ketika mempunyai masalah hukum jangan sampai ketika kita berangkat dari komitmen bersama terus terkena masalah hukum lantas ditinggal begitu saja tidak ada perhatian dan empati. Oleh karena itu kami membentuk forum ini sehingga apabila ada teman kita yang sampai masuk penjara tidak dikucilkan. Jadi berangkatnya dari kebersamaan.
MH: Seberapa penting visi Indramayu Remaja bagi forum sehingga perlu dikawal?
Ya, salah satunya pendidikan gratis, kesehatan gratis, bikin KTP gratis, itu kan dari aplikasi Visi Indramayu Remaja. Ketika Visi Remaja ini sudah melekat di masyarakat lalu ketika ada pergantian pemimpin visi itu diganti, kan dari nol lagi. Karenanya kalau tidak dipertahankan dan dikawal Indramayu akan kembali ke titik nol, bahkan boleh jadi mines, karena saya yakin setiap ganti kepemimpinan berarti berganti juga visi dan kebijakannya. Ini bukan hal yang aneh. Di mana-mana juga seperti itu. Tetapi karena visi Remaja ini bagus dan baik sesuai dengan pandangan forum, ya kita kawal dan amankan.
MH: Forum ini sebenarnya untuk membela kepentingan Pak Yance atau untuk kelangsungan Visi Remaja itu sendiri?
Forum ini dibuat dengan tujuan paling mendasar adalah untuk kepentingan rakyat Indramayu. Untuk kemajuan Indramayu bukan untuk kepentingan seseorang. Kalau pun nama forum ini mengambil dari Visi Remaja yang merupakan gagasan dan pemikiran orisinil Pak Yance sekaligus menjadi visi beliau, tidak otomatis membela kepentingan Pak Yance secara pribadi.
Kami menamakan Forum Pengawal dan Pengaman Remaja karena memang dalam pandangan kami, Visi Remaja itu sangat baik dan bisa bersifat berkesinambungan, kontinuitas, up to date, dan bisa berlaku sepanjang zaman. Karena alasan inilah maka Visi Remaja itu perlu dikawal dan diamankan sehingga sepanjang Pemerintahan Kabupaten Indramayu ada dan siapa pun nanti pemimpinnya agar melanjutkan visi ini.
Dalam konteks program pembangunan, Visi Remaja juga bersifat sangat universal sehingga dapat digunakan dan dijadikan acuan oleh siapa pun dan kapan pun. Bahkan jika Visi Remaja ini berhenti di tengah jalan, diyakini program pembangunan yang sudah baik ini akan kembali ke titik nol. Kalau ini terjadi maka Indramayu menjadi set back. Kita tentu tidak menginginkan hal ini terjadi. Karena alasan paling mendasar inilah kita memiliki komitmen untuk mengawal dan mengamankannya.
MH: Tapi kan kepentingan Indramayu dengan kepentingan pribadi bedanya tipis sekali?
Dikatakan tipis juga tidak. Dengan birokrat masuk forum ini jadi jelas visi dan misinya. Ketika Pak Bupati sebagai penggerak pembangunan Indramayu dan pencetus visi Remaja yang mempunyai komitmen untuk membangun masyarakat tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan tanpa sesuatu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kemudian diganggu atau diusik, maka pasti forum ini akan tampil sebagai pembela.
Kami siap jadi tameng, tetapi kami tidak berpolitik. Kami mengawal Indramayu Remaja dan mengawal bupati. Pertanyaannya kalau bupatinya itu ganti bagaimana? Jawabannya tetap kami akan mengawal Indramayu Remaja karena itu sudah final. Kami tidak melihat Pak Yance kalau Pak Yance kan masa jabatannya tinggal dua tahun lagi. Sementara Indramayu Remaja tidak terbatas dengan waktu.
MH: Keuntungan apa yang diperoleh anggota dengan masuk forum ini?
Oh banyak sekali. Contohnya untuk teman-teman yang sudah pensiun kemudian sakit, misalnya, kita membantu meringankan beban mereka. Jadi tidak perlu memikirkan hal yang macam-macam. Forum yang akan memproteksi. Misalnya teman-teman kesulitan menyekolahkan anaknya, maka forum siap membantu mendorong untuk bersekolah. Kalau Pak Bupati bisa memberikan beasiswa kenapa Forum tidak.
MH: Untuk membiayai itu semua dananya dari mana?
Kami kan punya anggota dan ada iurannya. Dalam perkumpulan pasti ada resiko
MH: Pada tataran praktisnya adanya iuran ini apa tidak membebani anggota?
Insya Allah tidak. Kami berangkat dari satu komitmen yang sama untuk kepentingan Indramayu dan kemashalatan Indramayu. Kemarin saja dalam tempo yang singkat bisa terkumpul Rp 40.000.000,00 kenapa tidak. Sebenarnya tidak susah karena kita berangkat dari satu tujuan dan komitmen yang sama untuk kepentingan Indramayu. Dan yang terpenting adalah ketulusan hati.
MH: Apakah forum ini menjadi nilai tawar bagi calon bupati nanti pada proses Pilkada tahun 2010?
Visi kita tidak berpolitik
MH: Kalau ganti bupati forum ini akan bubar atau tidak?
Bupati yang baru akan berpikir apakah visi Remaja ini perlu dipertahankan atau tidak. Kalau masyarakat merasa Visi Remaja itu sesuai, kenapa tidak. Makanya kami mengawal dan mengamankan Indramayu Remaja.
MH. Apakah keberadaan forum ini ada niat terselubung atau hidden agenda untuk menggolkan seseorang pada 2010 nanti?
Tidak sama sekali. Tidak ada hidden agenda. Forum murni untuk kemaslahatan umat.
MH:Forum ini sekretariatnya di mana?
Bisa di BKD, Bawasda, atau di mana saja nanti akan dibicarakan ketika forum ini sudah berbentuk badan hukum. Kami juga menggagas koperasi dengan nama Indramayu Remaja dan anggotanya bebas siapa saja asalkan mempunyai komitmen yang sama.
MH: Dalam waktu dekat, forum akan melakukan program seperti apa?
Mengesahkan kepada notaris agar ada badan hukumnya, membentuk koperasi, dan mendata anggota. Misalkan di kecamatan Indramayu siapa yang ingin masuk, nanti didata sehingga kami punya datanya. Sebentar lagi kan Pemilu jadi kami ingin mensukseskan Pemilu. Begitu juga pada 2010 ada pemilihan bupati. Kami akan mensukseskan pemilihan bupati biar aman. Dan ini bukan untuk kepentingan sesaat. Inikan proses mulai dari Pak Djahari, Pak Adang Suryana sampai Pak Ope Mustopa belum pernah terbentuk. Kami berani mengatakan se-Indonesia belum pernah terbentuk seperti ini. Baru di Indramayu saja. Modal awalnya dari hati dulu. Kalau sudah dari hati maka akan timbul semangat dan motivasi. Seperti kemarin, dalam satu hari terkumpul dana Rp 40.000.000,00 yang langsung diserahkan ke Yayasan Gempur Gakin. Ini kan awal dari peningkatan kepedulian sosial terhadap sesama.
(dedy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama