Senin, 28 Oktober 2013

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85

Bupati : Pemuda Harus Inspiratif, Kreatif, dan Kerja Keras

 

INDRAMAYU 28/10.2013 - Pemuda Indonesia sekarang ini adalah generasi pemuda yang memiliki kecerdasan, ilmu pengetahuan, pemahaman, keterampilan yang tinggi. Pemuda Indonesia haruslah menjadi pemuda yang inspiratif, selalu kreatif berpikir serta terus berusaha dan bekerja keras meraih prestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Hal itu ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menjadi Inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2013 yang berlangsung di Alun-alun Indramayu, Senin (28/10).

Menurut bupati, seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengungkapkan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam peringatan sumpah pemuda hendaknya menjadi pegangan hidup bagi pemuda Indonesia agar dapat mengentaskan dirinya menghadapi berbagai permasalahan dengan cara-cara yang lembut, ramah, dan santun sekaligus memperlihatkan kinerja kecendikiaan, kecerdasan, imajinatif, penuh inspirasi, bermutu tinggi, dan berprestasi.

Hal yang pasti adalah bahwa semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda Indonesia dalam percaturan global. Tunjukkan segenap kemampuan yang dimiliki dengan tidak meninggalkan keramahan dan kesantuan serta raih prestasi menuju kemapanan diri.

"Pemuda Indonesia sekarang ini adalah generasi pemuda yang memiliki kecerdasan, ilmu pengetahuan, pemahaman, keterampilan yang tinggi. Pemuda Indonesia haruslah menjadi pemuda yang inspiratif, selalu kreatif berpikir serta terus berusaha dan bekerja keras meraih prestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing," katanya.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian Korps Pegawai Republik Indonesia dalam menjalankan tugas pemerintahan  selama ini. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat anggota Korpri harus terus menanamkan niat untuk tetap mempertahankan dedikasi dan pengabdian dengan meningkatkan kinerja dan prestasi kerja karena  pada prinsipnya tugas abdi negara adalah melayani masyarakat.

"Maju mundurnya jalannya roda pemerintahan salah satunya ditentukan oleh keberadaan Korps Pegawai Republik Indonesia. Kompetensi, etos kerja, loyalitas, dedikasi, dan pengabdian adalah hal yang mutlak ada dalam diri pegawai. Dengan pegawai yang memiliki kompetensi di bidangnya, etos kerja yang tinggi, loyalitas terhadap pimpinan dan aturan, dedikasi yang tinggi dalam bekerja, serta pengabdian yang tulus tanpa pamrih untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat diharapkan roda pemerintahan dan pembangunan di suatu daerah akan dapat berjalan dan memperoleh hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan," tegas bupati.

Pada peringatan Sumpah Pemuda ke-85 tahun ini tema yang diangkat yakni "Dengan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi". Tema tersebut membawa pesan bahwa pemuda Indonesia adalah generasi pemuda yang tetap memelihara dan menjunjung tinggi budaya ketimuran yang penuh kesantunan ditengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia. Pada upacara tersebut diisi pula dengan penyerahan SK Pensiun bagi para PNS yang telah memasuki masa purna tugas di Pemkab Indramayu. (deni/humasindramayu)