Jumat, 09 September 2011

Bupati Lantik K3S

 

INDRAMAYU 09/09/2011 (www.humasindramayu.com) – Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah Jum'at (9/9) melantik ketua dan pengurus Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Indramayu Masa Bhakti 2011 – 2015.

 

Pada kesempatan itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan,  saat ini terjadi pergeseran nilai dan perubahan yang mengakibatkan semakin kompleksnya permasalahan kesejahteraan sosial. Hal ini tentunya membutuhkan perhatian dan penanganan yang serius dari pemerintah dan masyarakat.

Organisasi K3S Kabupaten Indramayu sebagai koordinator dari organisasi-organisasi sosial lainnya, mampu  mengkoordinir kegiatan sosial, dalam pelaksanannya K3S dalam bekerja harus dilandasi perjuangan berdasarkan keikhlasan yang berorientasi kepada kemanusiaan; Rasa kebersamaan yang telah dimiliki melalui budaya gotong royong; Cinta kepada sesama dilandasi rasa kasih sayang; Mempunyai program yang sejalan dengan program pemerintah daerah; dan menjadi mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

 

Sesuai dengan Undang-undang nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, K3S memiliki tugas fungsi dalam mengkoordinasikan, membina organisasi dan lembaga sosial, mengembangkan pelayanan sosial, menyelenggarakan forum komunikasi dan konsultasi/ penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta melakukan advokasi sosial terhadap lembaga/ organisasi sosial. Tupoksi ini harus dipahami, dihayati, dan dilaksanakan oleh para pengurus K3S agar dapat mencapai tujuan sesuai harapan semua pihak.

 

Sementara itu ketua K3S Kabupaten Indramayu Hj. Nani Indrayani Supendi mengatakan, selama ini K3S telah melakukan beberpa kegiatan yaitu, pembinaan kepada kelompok usaha bersama (KUBE) yang mendapatkan bantuan modal usaha dari BK3S Propinsi Jawa Barat, Dinsosnakertrans, dan Yayasan Gempur Gakin. Sosialisasi trafiking di 38 SMU, mmberikan paket sosial berupa 900 sembako, menyelenggarakan musda, dan akan melaksanakan benah rumah bagi warga miskin.

 

Sementara itu untuk susunan pengurus K3S periode 2011-2015 yaitu Hj. Nani Indrayani Supendi (ketua umum), Drs. H.A. Mujahid DN, S.Pd.,M.Si (ketua I), Hj. Titi Supartini, SP (ketua II), Hj. D. Poerwati (ketua harian), Erpin Marpinda (sekretaris umum), Solihin Nawawi (sekretaris I), Drs. Wagiyana (sekretaris II), Hj. Nurlaela Mulyadi (bendahara), dan Hj. Ekawati Saidin (wakil bendahara).

 

Sementara untuk bidang-bidang terdiri dari Bidang Pemulihan Sosial diketuai Drs. Edi Kusdiana, MM. Dan anggota terdiri dari Abdul Kalim, A.Ks, Hj. Faujiyah Heryanto, Hj Sri Lestari. Bidang Koordinasi Pengembangan dan Pemberdayaan Sosial, Drs. H. Didi Junaedi, M.Si (ketua), Nurhasan Bachtiar, BA. Hj. Nining Rahwati, Amani Luthfi, S.Ag (anggota). Dan Bidang Bantuan Perlindungan dan Jaminan Sosial, Hj. Atu Ikaputri, SH. (ketua), Dadang Cahyadi, SH. Sri Sukmawati, B.Sw. dan Suratman, SE (anggota). (deni/www.humasindramayu.com)