Program GIZ di Indramayu Harus dilanjutkan

            INDRAMAYU 25/6/2014 – Akan berakhirnya program Fit For School yang dikelola oleh Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit / German Internastional Development – GIZ tahun 2014 ini sangat disayangkan oleh Bupati Indramayu. Untuk itu pihaknya berharap agar program itu bisa terus dilanjutkan hingga beberapa tahun mendatang. Hal itu dikemukakan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menerima kunjungan delegasi GIZ, Dr. Bella Monse di Pendopo Kabupaten Indramayu, Rabu, (25/6/2014).

            Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang lansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengatakan, banyak manfaat dengan masuknya program Fit For School (FFS) diberbagai sekolah yang ada di Indramayu. Karena program tersebut dapat secara langsung mendukung program UKS yang selama ini telah dicanangkan di Kabupaten Indramayu. Dengan mendapatkan program FFS, maka sekolah mendapatkan pendidikan kesehatan dan fasilitas material untuk cuci tangan, sikat gigi, dan lainnya secara gratis.

            "Kami merasakan seklai manfaat dari program FFS yang dilakukan oleh GIZ ini , namun sayang harus berakhir tahun ini. Namun kami berharap agar program itu bisa dilanjutkan dan berganti ke sekolah lainnya terutama yang ada didesa-desa bersama dengan tim Pembina UKS" tegas bupati.

            Bupati menambahkan, untuk mendukung terlaksanannya program dan kegiatan UKS baik tingkat sekolah, kecamatan, maupun kabupaten. Pemkab Indramayu telah menganggarkan dalam APBD sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang dengan nilai yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran. Sebagai contoh, untuk tahun 2011 dianggarkan sebesar 260 juta, 2012 (430 juta), 2013 (161,2 juta), dan 2014 sebesar 315 juta.

            Sementara itu Regional Fit For School Program GIZ, Dr. Bella Monse mengatakan, setelah berjalan selama 2 tahun dan berdasarkan hasil evaluasi maka sekolah-sekolah yang mendapatkan program FFS telah banyak mengalami perubahan. Terkait dengan keinginan bupati, pihaknya mencoba untuk membahasnya bersama dengan tim. Pihaknya banyak mendapatkan masukan terkait dengan keinginan sekolah-sekolah yang ada di Indramayu terutama untuk meningkatkan kesehatan dilingkungan sekolah.

            "Saya banyak mendengar perkembangan UKS di Indramayu yang cukup berprestasi di tingkat Nasional. Tentu saja ini berkat dukungan dan keberpihakan pemerintah daerah terhadap program ini. Maka kalaupun nanti dilanjutkan maka program GIZ bisa mendukung program UKS yang telah ada," kata Bella Monse. (deni/humasindramayu)

           

 

           

Lebih baru Lebih lama