Enam Orang Raih Predikat RT Teladan

 

INDRAMAYU 23/10/2013 - Sebagai upaya untuk mensukseskan visi Indramayu Remaja, Dewan Pimpinan Daerah Forum Komunikasi RT/RW Kabupaten Indramayu (DPD Fokorgaki) telah menyelenggarakan pemilihan ketua RT teladan Kabupaten Indramayu tahun 2013. Maka terpilih 6 (enam) orang RT yang dinyatakan sebagai RT teladan tahun 2013.

Keenam orang RT teladan yakni A. Kadnawi, S.Pd ketua RT 03 RW 11 Gang 7 utara Desa/Kecamatan Karangampel (juara I), Tamino, S.Pd ketua RT 11 RW 11 Blok Purworejo Desa Temiyangsari Kecamatan Kroya (juara II), Moh Thobiin ketua RT 07 RW 04 Blok Karang Moncol Desa Pengauban Kecamatan Lelea (juara III), Jumakir ketua RT 19 RW 05 BTN Balongan Pratama Blok D2 No.12 Desa Tegalurung Kecamatan Balongan (harapan I), selanjutnya Heri Sunaryo ketua RT 28 RW 04 Blok Rengas Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang (harapan II), dan Suhronudin ketua RT 06 RW 02 Blok Rawad Desa Panyingkiran Kidul Kecamatan Cantigi (harapan III).

Ketua DPD Fokorgaki Drs. Agus Suprapto mengungkapkan, proses pemilihan ketua RT teladan Kabupaten Indramayu tahun 2013 ini dimulai sejak bulan Mei melalui seleksi pemilihan tingkat kecamatan dan berakhir pada awal Oktober yang bersamaan dengan HUT Indramayu ke 486.

Dengan pemilihan ketua RT teladan ini diharapkan  masyarakat menjadi tahu peran, tugas  dan fungsi RT/RW yang membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyaraat. Hal ini tentu saja menuntut jiwa pengabdian yang tinggi masyarakat yang duduk sebagai  ketua RT. Hal ini mengingat ketua RT tidak mendapatkan gaji, ketua RT merupakan lembaga kemasyarakatan yang berfungsi sosial. Dan sebagai konsekuensi ketua RT melayani masyarakat apabila terlambat atau tidak selesai maka akan dimaki-maki dan hal inipun berlaku sebaliknya.

Agus menambahkan, saat ini secara struktur pemerintah daerah telah membuat upaya-upaya yang maksimal memperhatikan dan meningkatkan hak-hak ketua RT yaitu berupa honor ketua RT/RW yang nilainya saat ini sudah tidak memadai dan diharapkan honor yang diberikan dapat disesuaikan dengan situasi perkembangan ekonomi saat ini. Selain itu, pemilihan ketua RT dalam proses pemilihannya telah melalui musyawarah warga yang merupakan bentuk pendidikan berdemokrasi.

Suatu hal yang saat ini harus mendapatkan perhatian saat ini pemerintah daerah sudah waktunya meningkatkan sarana dan prasarana kegiatan RT dalam upaya membangun kemitraan antara pemerintah daerah dengan RT/RW dan masyarakat. Kemitraan ini sangat penting menuju terciptanya lingkungan yang aman, nyaman, kondusif, sebagai salah satu wujud tercapainya visi Indramayu Remaja.

Sementara itu, penyerahan hadiah bagi para RT teladan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si pada malam pentupan pameran pembangunan yang berlangsung di GOR Singalodra Sindang, Minggu (13 Oktober) yang lalu. (deni)

Lebih baru Lebih lama