Soen Soedjarwo Pimpin PD. BWI 2013-2017

             INDRAMAYU 18/9/2013 – Perusahaan Daerah Bumi Wiralodra Indramayu (PD BWI) kini memiliki nakhoda baru untuk menjalankan usaha demi menciptakan iklim usaha yang baik. Setelah melalui hasil seleksi akhirnya Soen Soedjarwo, ST ditetapkan menjadi Direktur Utama periode 2013-2017. Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah melantik pejabat baru tersebut yang berlangsung di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra Indramayu, Rabu (18 September 2013).

            Soen Soedjarwo, ST ditetapkan menjadi direktur utama berdasarkan Surat Keputusan Bupati Indramayu nomor 539/Kep.138-Perek/2013. Selain posisi direktur utama, bupati juga melantik posisi direktur umum dan keuangan yang ditempati oleh Rasdiwan, SE, dan direktur operasional  yang ditempati oleh Badruddin, S.PdI. M.Si.

            Jajaran direksi yang baru saja dilantik tersebut selama menjalankan perusahaan harus memenuhi pakta integritas yang telah ditandatanganinya, diantaranya tidak akan melakukan KKN. Melaksanakan tugas dan fungsi manajemen perusahaan dengan prinsip good corporate governance. Dan harus meningkatkan kesehatan perusahaan dengan melakukan restrukturisasi dan kerjasama usaha dengan pihak ke tiga, serta melakukan efisiensi biaya dan produktivitas perusahaan untuk optimalisasi perusahaan.

            Kemudian jajaran direksi juga harus mampu menekan kerugian perusahaan, memberikan kontribusi pada APBD dan akan merasionalisasi pegawai perusahaan dan tidak akan mengangkat pegawai baru terkecuali berdasarkan pertimbangan pemilik yang dianggap urgent.

            Hal yang harus mendapatkan perhatian serius dari jajaran direksi yang baru ini adalah harus memulihkan profitabilitas perusahaan dengan membuat strategi pelunasan utang dengan target tahun 2013-2014 sebesar 15 persen, tahun 2014-2015 sebesar 25 persen, tahun 2015-2016 sebesar 30 persen, dan tahun 2016-2017 sebesar 30 persen.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengungkapkan, tujuan Pemerintah Kabupaten Indramayu mendirikan PD. BWI adalah untuk turut membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Indramayu khususnya sektor ekonomi. Dalam perjalannya diharapkan PD. BWI dapat turut berkiprah dan berperan serta aktif dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Indramayu.

"Mengingat usianya yang relatif masih muda sebagai sebuah perusahaan, dapat kita maklumi kalau perusahaan daerah ini belum dapat mengukir prestasi yang besar. Namum harus diingat bahwa tidak ada hal besar dapat dicapai tanpa adanya antusiasme," tegas bupati.

Bupati menambahkan, sebuah perusahaan tidak akan menjadi besar manakala jajaran direksi maupun seluruh stafnya tidak memiliki rasa antusiasme yang besar terhadap pekerjaannya. Etos kerja, semangat membangun, kejelian menangkap peluang bisnis, kemampuan memanfaatkan kebutuhan masyarakat, kecerdasan untuk melihat potensi pasar, dan lain-lain merupakan beberapa faktor yang harus ada pada pelaku bisnis.

"Saya melihat berbagal upaya telah lakukan oleh dewan direksi untuk mewujudkan tujuan perusahaan sejalan dengan visi dan misi perusahaan serta visi dan misi Kabupaten Indramayu. Langkah-langkah strategis, seperti mensinergikan semua fungsi manajemen dan pemberdayaan semua sumber daya, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya sarana dan prasarana telah dewan direksi lakukan meskipun harus kita akui masih selama ini belum memperoleh hasil yang maksimal. Upaya yang sudah dilakukan tersebut merupakan bagian penting untuk mewujudkan perusahaan ini menjadi badan usaha milik daerah yang sehat, baik sehat organisasi maupun sehat usaha," kata bupati. (deni/humasindramayu)

 

 


Lebih baru Lebih lama