Pemkab Buka Akses Pendidikan Yang Luas Bagi Masyarakat

INDRAMAYU 2/5/2013 – Pemerintah Kabupaten Indramayu membuka akses dunia pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Indramayu. Dengan kebijakan ini diharapkan seluruh masyarakat Indramayu yang berusia sekolah bisa mengenyam pendidikan dengan baik. Hal ini ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yang berlangsung, Kamis (2/5) di Alun-alun Indramayu.

Menurut bupati, seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, saat ini di Kabupaten Indramayu pendidikan bagi tingakt SD dan SMP telah digeratiskan. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak menyekolahkan anaknya. Sementara pada tingkat SMA, Pemkab Indramayu baru bisa mengalokasikan anggaran 25 persen untuk pendidikan. Sehingga pada tingkat SMA, anak-anak dari keluarga yang tidak mampulah yang digeratiskan. Sedangkan pada jenjang perguruan tinggi Pemkab Indramayu telah menaggarkan alokasi beasiswa bagi perguruan tinggi Universitas Wiralodra dan Politeknik Indramayu. Selain itu ditambah dengan kerjsama dengan berbagai perguruan tinggi favorit lainnya melalui berbagai program pola kerjasama.

Dengan adanya kebijakan tersebut. Seharusnya warga Indrmayu dapat mengakses pendidikan hingga sampai perguruan tinggi karena telah diproteksi oleh Pemkab Indramayu. Namun diakui bupati, sampai saat ini masih ada beberapa anak yang berusia 13-15 tahun belum memasuki jenjang SMP/MTs. "Hal ini dikarenakan masih belum tingginya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sampai SMP karena masih terdapat budaya memperkerjakan anak di bawah umur untuk membantu ekonomi keluarganya," kata bupati.

Bupati menambahkan, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan merupakan investasi dalam bidang pengembangan SDM. Oleh karena itu penyiapan sarana dan prasarana pendidikan, kualitas pendidikan dan perluasan akses yang seluas-luasnya kepada seluruh anak didik dan masyarakat untuk memasuki dunia pendidikan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi harus terus dilakukan.

"Melalui peringatan Hardiknas ini saya sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insane pendidikan, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan dan lainnya atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam rangka menumbuhkembangkan dunia pendidikan di Indramayu. Semoga ikhtiar untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses masyarakat terhadap pendidikan akan semakin luas dan terbuka," harap bupati.

Pada kesempatan itu juga Bupati Indramayu menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para juara yang telah mengikuti kegiatan perlombaan bidang ekstra kurikuler dan pendidikan menengah yang telah diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu beberapa hari yang lalu. (deni/humasindramayu)

 

Lebih baru Lebih lama