Pantau UN SD, Bupati Temukan Siswa Sakit

LELEA 6/5/2013 – Seperti halnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada jenjang SMP dan SMA. UN tingkat SD di Kabupaten Indramayu juga mendapatkan perhatian dari pimpinan daerah. Sebanyak 32.548 siswa SD yang mengikuti UN dipantau secara simbolis oleh Bupati Indramayu, Senin (6/5).

Seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, pemantauan oleh Bupati Indramayu ini sengaja dilakukan untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan dilapangan sehingga jika terdapat permasalahan akan segera diatasi. Kehadiran langsung orang nomor satu di Indramayu ini juga untuk memberikan motivasi dan support bagi para peserta yang tengah mengikuti UN.

Monitoring yang dilakukan oleh Bupati Indramayu ini diawali dari SD Negeri 1 Lelea, di sekolah yang dikepalai oleh Sugiarto, S.Pd ini bupati langsung melihat lingkungan sekitarnya serta masuk ke salah satu kelas yang dijadikan sebagai tempat pokja pengawas.

Selanjutnya, pada pukul 07.00 sebelum dimulai, bupati masuk kedalam kelas yang dijadikan sebagai tempat ujian. Didalam ruang kelas bupati melakukan do'a bersama dengan para siswa agar pelaksanaan UN berjalan lancar dan diberikan kemudahan dalam menjawab setiap lembar soal yang disediakan.

Kemudian, bupati yang didampingi oleh staf Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu menuju ke SD Negeri 1 Tamansari. Disekolah tersebut, bupati mendapatkan informasi bahwa terdapat 1 siswa di sekolah itu tengah sakit dan tidak bisa hadir langsung disekolah. Akan tetapi, menurut kepala sekolah Hj. Emilia Kusnandar, S.Pd. MM siswa tersebut juga bisa mengikuti UN dengan mengerjakan soal di rumah dengan didampingi oleh pengawas yang telah ditugaskan.

Di SD Negeri 1 Tamansari ini, bupati juga menyempatkan masuk kedalam ruang kelas sebelum UN dimulai. Bupati terus memberikan support kepada siswa untuk terus belajar dan begitu lulus diharapakan untuk terus melanjutkan ke jenjang SMP/MTS dan seterusnya. Karena saat ini, Pemkab Indramayu telah memproteksi biaya pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Untuk mengetahui jalannya UN, selanjutnya bupati melihat secara langsung UN di SD Negeri Pengauban 1. Karena UN sudah berjalan dan siswa tengah mengerjakan soal, maka bupati hanya memantau dari luar sekolah yang didampingi kepala sekolah Tati Sumiati, S.Pd. SD.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seusai melakukan pemantauan mengungkapkan, secara umum pelaksanaan UN SD berjalan lancar. Sementara bagi siswa yang tidak bisa hadir disekolah secara langsung, pihak UPTD Pendidikan dan sekolah yang bersangkutan telah mengambil langkah-langkah konkrit agar siswa tetap mengikuti UN.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu sebanyak 32.548 siswa mengikuti UN SD yang terdiri dari SD negeri sebanyak 29.302 siswa, SD swasta 382 siswa dan MI negeri sebanyak 2.864 siswa.  Selama tiga hari peserta UN akan menjawab soal-soal dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. (deni/humasindramayu)


Lebih baru Lebih lama