Bupati Uji Coba KM Wiralodra

JUNTINYUAT 21/12/2012 – Kapal Motor Wiralodra yang sudah bersandar di Pantai Tirtamaya, Hari Jum'at ini (21/12) dilakukan uji coba pemakaiannya. Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah bersama dengan Asisten IV Bidang Administrasi Pemprov Jawa Barat Iwa Karniwa dengan lainnya menaiki kapal tersebut untuk mengecek kesiapan operasional menuju Pulau Biawak.

 

Pengadaan KM Wiralodra ini merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Barat senilai 3,8 miliar. KM Wiralodra I merupakan kapal cepat yang berukuran besar dengan panjang 16 meter dan lebar 3,25 meter mampu menampung sekitar 28 penumpang termasuk anak buah kapal. Dengan tiga mesin penggerak di bagian belakang mampu menembus kecepatan ditengah laut rata-rata sekitar 30 knot.

 

Satu lagi kapal cepat lain berukuran kecil dengan panjang 9 meter dan lebar 2,60 meter kapasitasnya sekitar enam orang, dengan kecepatan sekitar 23 knot. Kedua kapal ini dilenghkapi dengan peralatan yang terbilang modern seperti kelengkapan radio komunikasi, system navigasi berbasis satelit, Global Positioning System (GPS), dan alat keselamatan lainnya. Sayangnya, kapal ini belum dilengkapi pendingin ruangan sehingga ketika berada didalamnya terasa panas.

 

Seusai mencoba menaiki kapal tersebut, Bupati Indramayu mengatakan, bahwa kapal itu sudah cukup reperesntatip dan nyaman untuk digunakan ke Pulau Biawak. Dengan adanya kapal cepat ini perjalanan yang ke Pulau Biawak yang semula ditempuh dengan waktu 3 jam kini bisa ditempuh hanya dengan 1 jam.

 

Sementara itu beberapa petugas dari Syahbandar Indramayu mengungkapkan, kapal cepat yang terbuat dari fiber ini dalam operasionalnya harus sangat hati-hati. Pasalnya sampai saat ini dermaga yang representatip di Pulau Biawak belum ada, apalagi disekitar pulau banyak sekali karang tajam sehingga dikhhawatirkan akan kena badan kapal dan bisa saja kapal pecah. (deni)

 

 --


Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih
Lebih baru Lebih lama