Ruas Gantar – Bantarhuni Mengangkat Perekonomian Masyarakat

GANTAR 2/10/2012 (www.humasindramayu.com) - Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Indramayu, H. Soen Sudjarwo, ST melalui Kabid Jalan Nurman, ST, mengatakan,menegaskan  hasil rehab akses jalan Gantar Bantarhuni yang menelan anggaran hampir mencapai Rp.4 miliar itu, seyogyanya mampu membantu mengangkat tingkat perekonomian masyarakat.


Karena jalan sepanjang 1.410 kilometer dengan lebar mencapai 5 meter yang dibuka sejak bulan September 2012 itu, dinilai cukup strategis sebagai infrastruktur penghubung daerah lainnya. "Jalan Gantar Bantarhuni itu, dapat memperdekat jarak tempuh dari Indramayu ke wilayah Majalengka atau kabupaten lainnya. Begitu pula sebaliknya,"ujarnya.


Kendati, pengunaan jalan Gantar - Bantarhuni menggunakan sistem betonisasi diharapkan adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kualitas jalan tersebut. Sehingga masyarakat pengguna jalan tidak begitu khawatir akan kualitas jalan yang dilaluinya, karena semua itu untuk kepentingan bersama.


Selain itu, masyarakat sekitarpun dapat memanfaatkan akses jalan tersebut untuk kegunaan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari. Sehingga roda perekonomian masyarakat dapat berputar yang imbasnya mampu ikut mendongkrak angka indeks pembangunan manusia (IPM) Indramayu. "Sistem betonisasi diprediksi memiliki kualitas kekuatan jangka waktu yang cukup panjang, demi terawatnya jalan selain diperlukan pemeliharaan secara baik juga dibutuhkan dukungan masyarakat pengguna jalan. Salah satunya, tidak menggunakan kendaraan bertonase yang berlebihan dari ketentuan,"ungkap Nurman.


Menurutnya, tonase yang berlebihan secara langsung akan berpengaruh terhadap ketahanan betonisasi, tetapi pihaknya percaya masyarakat pengguna jalan senantiasa akan membantu untuk ikut  menjaga keutuhan jalan Gantar Bantarhuni secara baik pula. "Akses jalan Gantar Bantarhuni hendaknya dapat dimanfaatkan secara baik, sehingga keberadaannya dapat dioptimalkan sebagai alat transportasi pertumbuhan perekonomian dan mempermudah berbagai aktivitas warga," pungkasnya. (Ratno/Deni/www.humasindramayu.com

 

 

 



--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih

Lebih baru Lebih lama