MTQ Membentuk Kesalehan Sosial

KEDOKANBUNDER 2/11/2012 (www.humasindramayu.com) – Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2012, Kamis malam (1/11) di Kecamatan Kedokanbunder. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Hj. Anna yang kemudian dimeriahkan dengan pesta kembang api.

 

Dalam sambutannya, Bupati Indramayu mengajak masyarakat untuk gemar membaca serta memahami Al Qur'an, untuk kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menurutnya, MTQ bukan hanya untuk mencari juara atau prestise semata, namun yang lebih penting adalah bagaimana melakukan pembinaan dalam membaca serta memahami Al Qur'an serta mengamalkannya di kehidupan nyata.

 

"MTQ jangan diartikan sebagai perlombaan yang muaranya kalah atau menang, tetapi harus dimaknai sebagai media untuk melakukan evaluasi, sejauhmana kualitas kedekatan antara perilaku kehidupan kita dengan nilai-nilai moral yang menjadi pesan utama Al-Qur'an. Selain itu, MTQ dapat dijadikan salah satu wahana untuk menggali nilai-nilai       Al Qur'an yang bersifat universal, yang selanjutnya nilai-nilai tersebut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya membumikan pesan-pesan Al Qur'an," katanya.

 

Orang nomor satu Indramayu itu berharap, nilai-nilai dalam Al Qur'an dapat mewarnai kehidupan masyarakat Indramayu. "Apabila kita dapat mengamalkan petunjuk dari Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, saya yakin akan terbentuk kehidupan yang baik di muka bumi ini, sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah S.W.T.," tandas Hj. Anna.

 

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Indramayu, Drs. H. Susanto, BAE mengatakan, cabang yang dilombakan yakni Cabang Murotal, Tilawah, Qiroat Sab'ah, Tilawah Canet, Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ), Musabaqoh Khottil Qur'an (MKQ), Musabaqah Menulis Kandungan Qur'an (M2KQ), Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) meliputi Tahfiz 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 30 juz.

 

Sebelumnya, dilakukan pelantikan dewan hakim MTQ oleh wakil bupati dan pawai taaruf dari 31 kafilah kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu. (deni/www.humasindramayu.com)

 

 

--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih

Lebih baru Lebih lama