Gemilang Si Ayu Sokong Produksi Padi Nasional

INDRAMAYU 21/11/2012 (www.humasindramayu.com) - Persediaan  beras dalam negeri sangat penting bagi ketahanan pangan Indonesia. Hal ini dikarenakan beras merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Meskipun seharusnya beras dapat digantikan dengan makanan mengandung karbohidrat lainnya sepert roti, jagung, sagu, atau ubi.

 

Dalam upaya konversi beras sebagai makanan pokok, saat ini masih terkendala dengan anggapan  sebagian besar masyarakat bahwa sebelum makan nasi belum dikatakan makan, atau hanya sekedar berfungsi sebagai cemilan. Hal ini tentunya cukup menyulitkan pemerintah, terutama dengan semakin terbatasnya lahan pertanian yang ada, jumlah petani yang terus berkurang, dan diperburuk dengan perubahan iklim yang ekstrim  dan pemanasan global yang menyebabkan tidak menentunya musim serta kekeringan.

 

Menyadari hal tersebut, maka upaya peningkatan produksi beras nasional terus dilakukan, termasuk di Indramayu yang merupakan salah satu daerah lumbung  padi Indonesia. Upaya ini tentunya membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, terutama para petani Indramayu. Para petani harus dapat beradaptasi dan selalu ter-up date dengan informasi yang dapat membantu untuk mempertahankan produksinya dan menghadapi seluruh tantangan yang ada, khususnya dalam hal metode dan teknologi terbaru.

 

Secara nasional pada tahun 2012 ini pemerintah telah menargetkan peningkatan produksi padi sebesar 7 %, dan untuk Kabupaten Indramayu ditargetkan mengalami peningkatan produksi sebesar 10 %.

Peningkatan target produksi padi pada tahun 2012 ini tidak terlepas dari perolehan produksi pada pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2011 produksi padi secara nasional mencapai 70,6 juta ton gabah kering giling (GKG). Sementara kontribusi dari Jawa Barat untuk nasional itu mencapai 12,556 juta ton GKG.


Peningkatan produksi padi ini, tidak lantas membiarkan begitu saja terjadi secara alamiah. Akan tetapi pemerintah daerah dituntut untuk menemukan ramuan mujarab agar peningkatan produksi padi ini bisa tercapai di daerahnya masing-masing. Maka Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pertanian dan Petrnakan meluncurkan pogram Gerakan Masyarakat Untuk Intensifikasi Lahan dan Peningkatan Produksi Padi Indramayu atau disingkat dengan Gemilang Si Ayu. (deni/www.humasindramayu.com)

 


--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih

Lebih baru Lebih lama