Masyarakat Desa Mekarsari Syukuri Hasil BSMSS

 

TUKDANA 13/6/2012 (www.humasindramayu.com) – Masyarakat Desa Mekarsari Kecamatan Tukdana patut mensyukuri apa yang telah didapatkan selama 14 hari. Pasalnya di desa itu telah dilakukan pembangunan  fisik dan non fisik oleh anggota TNI dan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), yang berakhir Selasa sore (12/6).

 

Dansatlak BSMSS yang juga Komandan Koramil 1606 Bangodua Kapten (Inf) Ahmad Saidi menjelaskan, selama 14 hari tersebut anggota TNI telah berpartisipasi dengan masyarakat untuk gotong royong dalam membangun desanya.

 

Beberapa sasaran pokok dan tambahan yang telah diserahterimakan kepada masyarakat yakni rehab rumah tidak layak huni 17 unit, rehab mushola 2 unit, plesterisasi rumah gakin 10 unit, pembangunan pos kamling 4 unit, perbaikan jalan desa dengan panjang 160 meter dan lebar 3 meter, peningkatan jalan lingkungan 451 meter, pembuatan air bersih 2 unit, pembuatan tembok penahan tanah (TPT) spanjang 125 meter, pengembangan PJU 14 titik, pemasangan listrik 24 SR @450 watt, pembangunan posyandu 2 unit dan pemberian jamban keluarga 10 unit.

 

Ahmad Saidi menambahkan, selain telah mengerjakan sasaran tersebut pihaknya juga telah mengerjakan hal lainnya diantaraya pengadaan tanaman pelindung, pengadaan peralatan industri rumah tangga, serta beberapa kegiatan non fisik lainnya.

 

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si yang menutup kegiatan BSMSS mengatakan, anggaran yang digelontorkan untuk kegaiatan BSMSS ini mencapai sekitar 600 juta. Sehingga masyarakat di desa tersebut patut mensyukurinya sebab selama 14 hari proses percepatan pembangunan telah dilakukan oleh TNI dan Pemkab Indramayu di desa itu.

 

"Jika mengandalakan hasil swadaya dari masyarakat maka dana sebesar itu sangat sulit didapatkan oleh warga desa, maka dengan adanya kegiatan BSMSS ini kita harus mensyukurinya dan sama-sama menjaga apa yang telah dibangun di Desa Mekarsari ini." tegas Wabup.

 

Sementara itu, masih kurang maksimalnya hasil pembangunan BSMSS teruatama pada pembangunan jamban oleh Dinas Kesehatan ditanggapi serius oleh wabup. Wabup memerintahkan jamban yang dibangun oleh Dinas Kesehatan itu harus dimaksimalkan, sebab masih ada bagian yang terbuka. Sedangkan untuk PJU yang berjumlah 14 titik, setelah dicek ternyata hanya 1 berfungsi, sementara sisasnya 13 buah masih belum manyala.

 

"Saya perintahkan Dinas Kesehatan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk menyelesaikan pekerjaannya di lokasi BSMSS ini dengan penuh tanggung jawab, sehingga masyarakat bisa menikmatinya, jangan asal jadi." tegas wabup.

 

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si menyerahkan bantuan modal untuk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) sebesar 5 juta rupiah, dan melihat langsung hasil pekerjaan BSMSS bersama dengan Komandan Komando Distrik Militer 0616 Indramayu Letkol Arh. Hari Arif Wibowo dan Kuwu Desa Mekarsari Asdam Sunarga dengan menggunakan kendaraan bermotor. (deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama