Desa Cikawung Menuju Desa Terbaik

TERISI 28/5/2012 (www.humasindramayu.com) – Setelah menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu, Desa Cikawung Kecamatan Terisi kini siap untuk menjadi desa terbaik di Provinsi Jawa Barat. Hal itu terungkap pada saat lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung Senin (28/5) di desa tersebut.

 

Kedatangan tim penilai bersama dengan Bupati Indramayu dan unsur muspida lainnya disambut secara antusias oleh ribuan masyarakat di desa tersebut, selain itu untuk menyambut kedatangannya juga disambut dengan kesenian lengser dan alunan sholawat yang terus bergema di halaman balai desa itu.

 

Pada kesempatan itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, perlombaan desa merupakan evaluasi atas penyelenggaraan pemerintahan, kinerja pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan desa. Apa pun hasil yang didapatkan melalui perlombaan ini, seyogyanya dijadikan koreksi untuk melaksanakan perbaikan-perbaikan, sehingga di masa yang akan datang Desa Cikawung dan seluruh desa lainnya di Kabupaten Indramayu dapat menjadi desa yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

 

Meskipun jauh dari sempurna, lanjut bupati, Desa Cikawung telah memberikan usahanya yang terbaik dan patut dibanggakan. Namun, usaha itu sendiri tidak boleh berhenti pada perlombaan. Desa Cikawung harus mampu memanfaatkan event ini sebagai motivasi untuk semakin maju dan berkembang, karena perlombaan ini hanyalah langkah awal menuju langkah berikutnya yang harus dilewati Desa Cikawung dalam menuju pembangunan dan kesejahteraan.

 

"Saya percaya para tim penilai pun telah melihat usaha optimal di tengah keterbatasan, kendala, dan hambatan yang dimiliki oleh Desa Cikawung, sehingga dapat memberikan penilaian yang adil atas seluruh kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh Desa Cikawung. Kendati demikian, seluruh aparat dan masyarakat Desa Cikawung khususnya, serta Indramayu pada umumnya tidak pernah berhenti berdoa untuk kemenangan Desa Cikawung dalam perlombaan ini. Mudah-mudahan seluruh tim penilai dapat melihat usaha maksimal tersebut dan mempertimbangkan seluruh keunggulan yang dimiliki Desa Cikawung, serta dapat menjadikan Desa Cikawung sebagai juara pada perlombaan desa tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2012 ini." tegas Anna Sophanah.

 

Sementara itu ketua tim penilai Dian Widya mengatakan, nantinya akan ditetapkan 4 desa terbaik dan 4 kelurahan terbaik di Jawa Barat, selanjutnya yang menjadi desa terbaik tingkat provinsi Jawa Barat ini akan menuju pada lomba tingkat nasional.

 

Lomba desa ini, lanjutnya, diharapkan menjadi titik awal kebangkitan bagi masyarakat desa untuk membangun desanya. Kemudian bisa dijadikan sebagai pemicu dan motivasi bagi masyarakat setempat dan hal yang juga terpenting dari lomba desa ini yakni masyarakat ikut berpartisipasi secara nyata.

 

Pada kesempatan itu, tim penilai yang didampingi oleh Bupati Indramayu dan juga unsur muspida lainnya langsung meninjau pameran yang merupakan hasil karya dari masyarakat Desa Cikawung yang berupa industri usaha kecil makanan dan hasil seni lainnya.

 

Selanjutnya tim penilai melakukan wawancara unsur terkait yang telah dibagi kedalam berbagai kelompok dan bidang yakni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan kamtib, partisipasi masyarakat / kreatifitas / inovasi, kelembagaan, dan bidang PKK. (Deni Sanjaya Putra Indramayu / www.humasindramayu.com)

 

Lebih baru Lebih lama