Bupati Lepas Siswa SMK ke Malaysia

INDRAMAYU 25/5/2012 (www.humasindramayu.com) – Sebanyak 147 siswa SMK di Indramayu dilepas Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di negara Malaysia selama satu tahun. Pelepasan dilakukan di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra, Jum'at (25/5) yang dihadiri seluruh peserta dan orang tua murid.

 

Siswa SMK yang dilepas tersebut berasal dari SMK Nasional sebanyak 104 orang dan SMK NU Kertasmaya sebanyak 43 orang. Pada Prakerin itu, siswa akan menimba ilmu secara langsung dari berbagai perusahaan tambang dan mencoba mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat selama sekolah.

 

Kepala SMK Nasional Indramayu H. Supito Wirakusumah mengatakan,  selama ini banyak sekali permintaan dari perusahaan nasional dan juga luar negeri akan kebutuhan tenaga trampil pada sektor pertambangan. "Prakerin ini merupakan upaya untuk memberikan tambahan ilmu dan pengalaman bagi para siswa sebelum mereka memasuki dunia kerja. Kemudian selama mereka Prakerin, para siswa akan mendapatkan penghasilan sekitar 1,5 – 2 juta per bulan dari perusahaan yang menjadi tempat Prakerin." kata Supito.

 

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengungkapkan, apa yang dilakukan SMK Nasional ini harus mendapatkan apresiasi dari sekolah lain. Prakerin yang dilakukan dinegara lain diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas dari siswa yang mengikutinya. Keberadaan siswa SMK di Indramayu terus mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Sebelumnya, pemerintah kota Jepang tertarik dengan para siswa SMK Indramayu terutama yang ada di jurusan perikanan dan kelautan.

 

Pada kesempatan itu bupati berharap, agar siswa yang mengikuti Prakerin ini bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Selain itu juga bisa membawa nama baik Indramayu ke negara lain dan bisa diperhitungkan oleh negara lain. (deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama