Bupati Indramayu Buka Pelatihan Operator Garmen

INDRAMAYU 10/5/2012 (www.humasindramayu.com) – Sebanyak 120 wanita asal Kabupaten Indramayu dilatih untuk menjadi operator garmen untuk ditempatkan disejumlah wilayah. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah yang berlangsung di Gedung Patra Ayu Komplek Perumahan Bumi Patra Kamis (10/5), pelatihan bagi para wanita ini merupakan kerjasama antara PT. Pertamina (persero) dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

 

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, tidak seimbangnya jumlah pencari kerja dan ketersediaan lapangan pekerjaan, menyebabkan para pencari kerja dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang lebih rendah kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Permasalahan ini merupakan salah satu beban pemerintah, karena salah satu tugas pemerintah adalah memberikan kehidupan yang layak bagi seluruh masyarakat, termasuk diantaranya memberikan kesempatan kerja yang adil dan merata.

 

Pelatihan seperti ini, lanjut  Anna, merupakan upaya pemerintah dalam pemberdayaan potensi masyarakat dan peningkatan kualitas ketenagakerjaan di Indramayu. Selain memiliki makna strategis dan positif dalam peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia, pelatihan ini juga merupakan salah satu alternatif dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat.

 

"Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Indramayu, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT. Pertamina (persero) dan PT. Panca Prima Kreasi atas inisiatif, prakarsa, dan dukungannya dalam  kegiatan ini. Kepada para peserta saya menghimbau agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi saudara sekalian, dan hanya dengan kerjasama kita bersama maka pembangunan dan  kesejahteraan dapat kita capai." Kata Anna

 

Sementara itu General Manager PT. Pertamina RU VI Balongan Didik Pribadi mengungkapkan, pelatihan garmen bagi para wanita Indramayu ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh Pertamina dalam hal ini melalui Social Médium Enterprise Social Responsibility (SME SR) Regional Jawa Bagian Barat.

 

Pelatihan ini merekrut 120 orang pekerja wanita yang berasal dari Indramayu untuk dilatih kemampuannya sebagai operator garment yang kemudian setelah dilatih akan disalurkan ke perusahaan garmen di Subang. Selain Indramayu, pelatihan ini juga diadakan di Subang yang diperuntukkan untuk masyarakat di sekitar wilayah Pertamina EP yang merekrut 120 orang pekerja wanita dari wilayah sekitar EP dan Salam Darma.

 

"Insya Allah program ini dapat menjadi salah satu bentuk kepedulian preusan untuk memberdayakan masyarakat menjadi lebih berdaya demi mencapai cita-cita masyarakat yang lebih sejahtera dan berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indramayu sebagai modal dasar pengembangan SDM untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Indramayu." Kata Dadik.

 

Pembukaan pelatihan ini selain dihadiri oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dan GM Pertamina RU VI Balongan Dadik Pribadi, juga dihadiri Komisaris PT. Ad Hause Sri Rejeki Sumardjoto SH, unsur Muspida, dan undangan lainnya. (deni/www.humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama