Kamis, 23 Februari 2012

Bupati Kembali Salurkan Zakat Profesi

PASEKAN 23/2/2012 (www.humasindramayu.com) – Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah kembali menyalurkan bantuan social yang merupakan bersumber dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Indramayu. Penyaluran diberikan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan yakni untuk bantuan sembako, bantuan modal usaha, dan rehab rumah keluarga miskin. Kamis (23/2) penyaluran zakat berlangsung di tiga kecamatan yakni Pasekan, Sindang, dan Indramayu.

 

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, zakat profesi yang dibagikan ini merupakan bersumber dari zakat yang diambil dari gaji pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu. Zakat ini merupakan bentuk kepedulian dari para PNS terhadap para kaum dhuafa.

 

Selain itu, lanjut Anna, dengan adanya penyaluran zakat profesi ini pengentasan kemiskinan di Kabupaten Indramayu bisa maksimal. Kemudian, untuk bantuan modal usaha kecil diharapkan pula dapat mengurangi tekanan para rentenir yang selama ini mencengkram para pedagang kecil. "Pedagang kecil yang selama ini mendapatkan modal dari hasil hutang dari bank harian atau rentenir bisa dihilangkan, Zakat yang disalurkan untuk modal ini mudah-mudahan bisa menghilangkan kebiasaan masyarakat untuk berhutang ke rentenir." katanya.

 

Sementara itu Ketua BAZ Kabupaten Indramayu H. Sadeli Ghozali menjelaskan, perolehan zakat yang didapat selama tahun 2011 yang lalu mendapat 8,5 miliar. Perolehan dana tersebut kemudian didistribusikan di kecamatan-kecamatan dengan sasaran untuk sembako sebesar 5 kg per orang dan masing-masing kecamatan mendapatkan 1 ton beras. Sedangkan untuk pemberian modal usaha per kecamatan masing-masing 50 orang mendapatkan modal sebesar 200 ribu per orang. Dan untuk rehab rumah keluarga miskin masing-masing mendapatkan 5 juta rupiah untuk 4 orang di tiap kecamatannya.  

 

Camat Pasekan Iskandar, SH mengatakan, penyaluran zakat diwilayahnya selain bersumber dari BAZ kabupaten juga bersumber dari BAZ kecamatan, sehingga jumlah yang disalurkan melebihi quota. Rumah yang yang direhab pun jumlahnya mencapai 6 rumah.

 

Sebelumnya, penyaluran zakat sudah dilakukan di beberapa kecamatan yaitu Cikedung, Terisi, Kertasmaya, Sukagumiwang, Tukdana, Bangodua, Jatibarang, Widasari, Balongan, Sliyeg, dan Cantigi. (deni/www.humasindramayu.com)