beras...beras...beras...

Berjamur dan berkutu

Bupati Minta Beras Raskin Dikembalikan

 

            INDRAMAYU 6/2/2013 – Beras untuk rakyat miskin (raskin) yang dinilai jelek dan tidak layak untuk dikonsumsi harus segera dikembalikan kepada Sub Divisi Regional IV Perum Bulog  Indramayu (Bulog). Meskipun itu beras raskin, namun kualitasnya harus bagus dan layak dikonsumsi. Hal ini ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika membuka kegiatan Sosialisasi Raskin Tahun 2013 yang berlangsung di Wisma Haji Indramayu, Rabu (6/2).

            Bupati Hj. Anna mengaku geram dengan kualitas beras raskin yang di bawah standar. "Saya menerima banyak laporan baik dari masyarakat maupun para kuwu, bahwa beras raskin yang diterima rakyat kualitasnya sangat jelek, bahkan ada yang berjamur dan berkutu diberas yang dibagikan tersebut," ujarnya dengan nada tinggi.
Jika kondisinya demikian, lanjut orang nomor satu Indramayu itu, kuwu harus segera membuat berita acara dan mengembalikan beras tersebut kepada Bulog untuk diganti dengan beras yang kualitasnya standar.

            "Beras yang kualitasnya jelek jangan diterima begitu saja terus dibagikan. Saya minta kuwu mengembalikan beras itu, jangan ragu dan takut untuk mengembalikannya kepada Bulog," tandasnya.

            Selain menyoroti beras yang kualitasnya jelek, Bupati Indramayu juga memberikan perhatian khusus terhadap jumlah beras yang masuk ke desa-desa. Pasalnya, selama ini ada laporan bahwa setiap beras yang berukuran 15 kg jumlahnya ada yang mengalami pengurangan sebanyak 2 kg. "Adanya kekurangan beras ini harus menjadi perhatian dari semua pihak, dari jumlah yang ada saja saat ini jumlahnya masih kurang apalagi ada pengurangan jumlah," katanya.

Pagu raskin tahun 2013 untuk Kabupaten Indramayu menggunakan basis data terpadu hasil pendataan program perlindungan sosial tahun 2011 (PPLS-2011) BPS sebanyak 31.320.360 kg yang diperuntukan bagi 174.002 rumah tangga sasaran-penerima manfaat (RTS-PM) dengan alokasi beras sebanyak 15 kg per RTS-PM per bulan dengan harga Rp 1.600,-/kg di titik distribusi. 

Berkaitan hal tersebut, lanjut bupati, Pemerintah Kabupaten Indramayu berupaya memberikan perhatian dan dukungan yang tinggi untuk menyukseskan program raskin tahun 2013 sehingga pelaksanaan program raskin tahun 2013 dapat tersalurkan sepenuhnya sesuai target yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan itu diberikan penghargaan kepada kecamatan yang telah menyalurkan dan melunasi raskin secara tepat waktu tahun 2012 yakni Kecamatan Juntinyuat, Tukdana, Karangampel, Indramayu, Arahan, Lohbener, Sukra, Kandanghaur, dan Gantar. (deni)



--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih
Lebih baru Lebih lama