3,9 Juta Pohon Telah Tertanam di Indramayu

 

LOHBENER 28/11/2012 (www.humasindramayu.com) – Sampai dengan bulan Nopember 2012 ini sebanyak 3.913.739 batang pohon berhasil ditanam, sisanya sebanyak 2.543.272 batang pohon akan ditanam pada bulan Desember 2012.

 

Hal ini ditegaskan Plh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Indramayu Ir. Hapid Mahpud Idrus di Kampus Politeknik Indramayu (Polindra) ketika berlangsung pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) dalam rangka Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2012 tingkat Kabupaten Indramayu, Rabu (28/11).

 

Kegiatan HMPI dan BMN yang dilaksanakan pada lahan lingkungan kampus Polindra tersebut, diharapkan menjadi pelopor kampus asri berwawasan lingkungan. HMPI merupakan wadah dari berbagai program dan kegiatan penanaman bibit pohon di dalam dan di luar kawasan hutan, baik program pemerintah maupun swadaya masyarakat.

 

Hapid menjelaskan, sebagai upaya untuk mendukung penanaman satu milyar pohon secara nasional, maka target Kabupaten Indramayu sebanyak 6.100.000 batang pohon baik dalam kawasan hutan negara maupun di luar kawasan hutan. Dari target tersebut akan tertanam sebanyak 6.457.011 batang.

 

Maksud dari penanaman ini sebagai sarana edukasi karena dapat meningkatkan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh componen bangsa pentingnya menanam dan memlihara pohon. Kemudian mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan. Sedangkan yang menjadi lokasi sasaran kegiatan adalah tanah kosong dan lahan kritis baik dalam kawasan hutan negara maupun diluar kawasan hutan serta ruang terbuka hijau.

 

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Susanto, BAE  menyambut baik kegiatan penanaman pohon ini karena ditanam di areal kampus. Selain bisa bermanfaat bagi lingkungan, penanaman pohon ini juga diharapkan berdampak secara makro. Menanam dan memelihara pohon sendiri merupakan investasi yang nilainya terus meningkat karena manfaat pohon bagi kehidupan makhluk hidup sangat besar, mulai dari penghasil oksigen (02) dan penyerap carbon dioksida (CO2), perlindungan terhadap paparan sinar matahari, serapan air, hingga bahan baku kebutuhan rumah tangga.

 

Pemerintah Kabupaten Indramayu selalu mendorong terwujudnya lingkungan yang asri dan produktif. Lebih dari 18 (delapan belas) ribu hektar lahan kritis telah direhabilitasi, baik di wilayah barat maupun pesisir, dan lebih dari 14 (empat belas) juta bibit telah ditanam.

 

"Saya berharap hasil dari upaya rehabilitasi dan penanaman bibit tersebut dapat dipelihara dengan sebaik-baiknya dan dikelola secara bijak demi kemakmuran seluruh masyarakat Indramayu. Setelah ditanam, diharapkan mahasiswa ikut serta menjaga pohon yang telah ditanam ini. Jangan sampai pohon yang belum besar ditebang kemudian disalahgunakan, ini akan merugikan kita semua," kata asisten. (deni/www.humasindramayu.com)

 



--

Kunjungi Website Kami www.humasindramayu.com Terima Kasih

Lebih baru Lebih lama