Car Free Day disambut Antusias Masyarakat

 

INDRAMAYU 1/5/2011 (www.humasindramayu.com) – Kegiatan Car Free Day yang dilakukan pertama kali di Kabupaten Indramayu mendapatkan sambutan yang luar biasa dari berbagai masyarakat. Ribuan orang mengikuti kegiatan sepeda dan jalan santai yang mengambil start dari dalam pendopo dan finish dilokasi kampanye car free day di jalan D.I. Panjaitan Indramayu, Minggu (1/5).

 

Pada kesempatan itu, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, meskipun Indramayu merupakan kota kecil namun kegiatan car free day akan dijadikan agenda rutin pada minggu pertama setiap bulannya mulai jam 06.00 – 08.00 yaitu di jalan D.I. Panjaitan. Jalan ini akan digunakan oleh warga masyarakat Indramayu untuk melakukan berbagai aktifitas tanpa menggunakan kendaraan bermotor. Di samping sebagai program pemerintah, kegiatan ini juga sudah menjadi kebutuhan warga masyarakat Indramayu untuk menciptakan pola hidup sehat.

 

"Kegiatan car free day ini sebagai salah satu kegiatan positif untuk mengurangi polusi udara. Selain itu merupakan kampanye udara bersih dan ajang silaturahim sesama warga masyarakat Indramayu." kata bupati.

 

Selain kegiatan car free day, pemerintah Kabupaten Indramayu kembali mensosialisasikan kampanye lingkungan hidup dan sosialisasi anti rokok yang bertujuan untuk mewujudkan kesadaran dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan ini secara filosofis menginternalisasikan kembali sikap kepedulian terhadap lingkungan ke dalam nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat.

 

Kegiatan diawali dengan sepeda dan jalan santai, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah bersama dengan suami DR. H. Irianto MS. Syafiuddin, wakil bupati Drs. H. Supendi, Kaplores AKBP. Rudi Setiawan, Dandim Letkol ARH Hindro Martono, ketua DPRD Abdul Rozak Muslim, Sekretaris Daerah Drs Cecep Nana Suryana bersama dengan masyarakat lainnya menyusuri jalan Siliwangi, Yos Sudarso, Jend Sudirman, dan finish di jalan D.I. Panjaitan.

 

Sesampainya dilokasi, peserta dan masyarakat mengikuti olah raga senam bersama dan dihibur dengan penampilan Modern Dance yang disuguhkan oleh para Polwan Indramayu, tari topeng, serta penampilan group band anggota polisi Polres Indramayu serta pemberian beberapa door prize.

 

Sementara itu, pelaksanaan car free day yang membebaskan jalan D.I. Panjaitan dari kendaraan bermotor direspon baik oleh masyarakat Indramayu. Hal ini dikarenakan masyarakat dengan bebas bisa menggunakan jalanan tanpa harus terganggu oleh kendaraan bermotor.

 

"Car free day di laksanakan di Indramayu saya sangat mendukungnya, ini sangat enak digunakan untuk olah raga apalagi ada hiburannya. Kedepan kalau bisa pihak swasta juga harus ikut serta memberikan dukungan untuk kegiatan ini. Kegiatan yang pertama dilakukan ini masih banyak pihak swasta yang berpangku tangan saja. Di sekitar sini banyak bank-bank swasta namun mereka belum memberikan kontribusinya untuk kegiatan ini. Diharapkan untuk bulan depan pihak swasta mau berkontribusi dan menyumbang untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan bukan saja mencari keuntungan semata dari kami sebagai masyarakat Indramayu." kata Heri Wibowo dengan tegas. (deni)

 

Lebih baru Lebih lama