Dari Pencanangan PNPM Mandiri Pedesaan dan BBGRM Bupati : “ Dana PNPM Jangan Untuk Bancakan”

 

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2010 secara resmi dicanangkan oleh Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin pada Rabu (1/12) di halaman GOR Singalodra Indramayu.

 

Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin pada kesempatan itu mengatakan, dana PNPM yang akan diberikan kepada masyarakat harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Pihaknya tidak menginginkan dana tersebut hanya dinikmati oleh sekelompok orang apalagi hanya dinikmati oleh para pengurusnya. "Dana PNPM ini harus dinikmati masyarakat yang membutuhkan, dan jangan menjadi bancakan para pengurusnya," tegas bupati.

 

Selain dana PNPM, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menganggarkan dana untuk pembangunan infrastruktur pedesaan sebesar 56 miliar yang diperuntukan bagi desa yang berprestasi sesuai dengan desa sehat, cerdas, dan bermoral.

 

Sementara itu Ketua Panitia Andi Rugaya dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Indramayu mengatakan, PNPM merupakan kelanjutan dari program pengembangan kecamatan (PPK) yang dinilai cukup berhasil dalam mendorong akselerasi penanggulangan kemiskinan dan penurunan pengangguran berbasis pemberdayaan masyarakat.

 

PNPM di Kabupaten Indramayu untuk tahun 2010 telah teranggarkan sebesar 53.500.000.000,- yang bersumber dari APBN 42.800.000.000,- dan APBD sebesar 10.700.000.000,-. Sementara untuk lokasi kegiatan berada di 27 kecamatan yang tersebar di 260 desa.

 

Dana PNPM dipergunakan untuk pembangunan bidang fisik yaitu pembangunan prasarana umum, prasarana pendidikan dan prasarana kesehatan. Selain itu juga digunakan untuk bidang ekonomi berupa simpan pinjam perempuan (SPP) dan usaha ekonomi produktif (UEP) dengan jumlah pemanfaatan sebanyak 1.456 kelompok dengan anggota 20.823 orang terdiri dari laki-laki 7.260 dan perempuan 13.563 orang.

 

Sementara untuk kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) diselenggarakan diseluruh desa dan kelurahan dalam wilayah Kabupaten Indramayu. Pada tahun 2010 ini telah teranggarkan dalam APBD sebesar 1.916.754.000,- yang diperuntukan bagi pengurasan saluran, perbaikan gang, pembuatan papan nama jalan, pembuatan bak sampah, dan juga pembuataan pos kamling. (deni/humasindramayu.com)

Lebih baru Lebih lama