Job Fair Sediakan 5.000 Lowongan Pekerjaan

            Sedikitnya 30 perusahaan lokal dan nasional turut serta dalam ajang Job Fair 2016 yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 2–3 Juli 2016 di Alun-alun Indramayu, Selasa (02/08/2016).

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Indramayu, Daddy Haryadi menjelaskan job fair tahun ini menargetkan 5.000 tenaga kerja dapat terserap dibeberapa perusahaan baik di Indramayu maupun luar Indramayu.

Perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta Job Fair 2016 di antaranya PT. MNC SKY Vision, PT. Chang Jui Fang Ind, Danamon, Java Seafood, BTPN, PT. Astra Int, Suzuki, Nisaan, dan lain-lain.

"Kami rutin menggelar Job Fair setiap tahun guna menginformasikan lowongan bagi para pencari tenaga kerja dan menyikapi banyaknya pengangguran dan angkatan kerja terutama lulusan sekolah menengah atas. Job Fair tersebut dapat menyerap sekitar 5,000 orang tenaga kerja," ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengadakan pelayanan langsung berupa pembuatan AK 1 atau kartu kuning. Hal itu dimaksudkan untuk lebih memudahkan pelamar kerja melengkapi berkas persyaratan dalam satu lokasi.

Sementara, Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah mengatakan permasalahan ketenagakerjaan masih belum dituntaskan melihat jumlah penduduk Indramayu sekitar 1,7 juta jiwa. Jumlah pengangguran walaupun belum termasuk permasalahan yang menghawatirkan tapi harus diselesaikan.

"Berbagai upaya dan kebijakan terus dilakukan dengan melakukan pelatihan-pelatihan, adapun beberapa faktor yang menyebabkan pengangguran antara lain jumlah pertumbuhan angkatan kerja tinggi, pendayagunaan tenaga kerja rendah, tingkat produktifitas dan pendidikan masih rendah, investasi belum berkembang dan pendataan yang tidak valid," ucapnya.

Ini pun, lanjut dia, yang menyebabkan para calon pencari kerja sulit mendapatkan kerja karena sulitnya mengakses informasi dan perusahaan pun kesulitan memberikan informasi. "Pelaksanaan job fair ini semoga dapat membantu dan memberikan informasi bagi para pencari kerja," katanya. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

 


Lebih baru Lebih lama