Bupati Kukuhkan 31 Paskibraka

 

 

INDRAMAYU 16/8/2011 (www.humasindramayu.com) - Menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66 pada tanggal 17 Agustus 2011, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah melantik sebanyak 31 anggota Paskibraka yang berlangsung Selasa malam (16/8) di Pendopo Kabupaten Indramayu.

 

Sebelum dilantik hingga 31 orang, sebelumnya panitia yang terdiri dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Dinas Pendidikan, Polres dan Kodim 0616 Indramayu telah melakukan rekruitman dan pelatihan bagi para calon Paskibraka. Peserta seleksi merupakan siswa /siswi kelas X SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Indramayu yang berjumlah 750 orang. Kemudian dinyatakan lolos seleksi adalah 31 orang, dan dari jumlah tersebut Kabupaten Indramayu berhasil mengirimkan 1 (satu) orang Paskibraka ke tingkat Provinsi Jawa Barat  yakni Julio Richardi pelajar dari SMKN 1 Indramayu.

 

Dalam proses latihan untuk bertugas mengibarkan duplikat bendera pusaka, dari bulan April  – Juli Paskibraka berlatih setiap hari Minggu yang bertempat di Alun-alun Indramayu. Sedangkan sejak tanggal 9-18 Agustus dilakukan pemusatan latihan yang bertempat di Wisma Haji dan bekerjasama denga Pasukan 45 dari Batalyon Arhanud.

 

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dalam sambutannya mengatakan, anggota Paskibraka adalah putera-puteri yang telah mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas yang sangat membanggakan dan mulia.

 

"Upacara saat ini secara simbolis dan hakiki meletakkan Sang Merah Putih pada letaknya yang terhormat. Para pendahulu dan pahlawan telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga untuk membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang secara simbolik sesungguhnya untuk mengibarkan Sang Merah Putih di bumi pertiwi ini. Oleh karena itu, kalian harus merasa bangga karena mendapatkan tugas mulia untuk mengibarkan Sang Merah Putih tepat pada tanggal 17 Agustus tahun 2010 di  alun-alun Kabupaten Indramayu," kata bupati

 

Bupati menambahkan, generasi muda  Indramayu diharapkan bisa tampil untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa kelak adalah generasi yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas, berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negaranya.

 

Untuk menjadi bangsa yang maju, bermartabat dan sejahtera, maka diperlukan perjuangan, persatuan dan bekerja keras dengan memperkokoh pilar-pilar kebangsaan, pilar-pilar kekuatan, dan pilar-pilar kehidupan. Selain itu harus juga memperkokoh kemandirian sebagai bangsa, meningkatkan daya saing, dan harus membangun peradaban bangsa yang terhormat dan mulia.

 

Pada kesempatan itu bupati juga berharap agar pelajar Indramayu memiliki dan dapat mengembangkan lima sifat positif yaitu : Pertama, sungguh-sungguh menjadi putera bangsa yang beriman dan berkarakter; kedua, selalu mengasah ilmu untuk benar-benar menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan rasional. Ketiga, mengembangkan sifat inovatif, kreatif, dan budaya unggul untuk menghadapi globalisasi dan transformasi. Dalam hal ini, para generasi muda diharapkan tidak hanya sekedar melakukan sesuatu, tapi melakukan yang terbaik.

 

Keempat, tidak ada sesuatu yang mudah diraih. Hampir pasti akan menghadapi masalah, tantangan dan uji coba. Oleh karena itu, harus memiliki mental dan semangat "harus bisa". Seberapa pun persoalan yang dihadapi, pasti ada solusi. Dan kelima, jadilah patriot yang bertanggung jawab dan cinta tanah air, sebagaimana yang baru saja diikrarkan sebagai anggota paskibraka. (deni/www.humasindramayu.com)

 

 

                                                                 

Lebih baru Lebih lama