Koperasi Diminta Punya Inovasi

 

INDRAMAYU 14/7/2011 (www.humasindramayu.com) – Koperasi harus punya pengembangan serta inovasi baru agar maju dan mampu bersaing dengan lembaga lainnya. Untuk mewujudkan hal ini, peran Dekopinda sangatlah dibutuhkan. Demikian dikatakan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, saat memberikan sambutan usai melantik Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Indramayu, di aula Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Indramayu, Rabu (13/7).

 

Dikatakan Anna, masih banyak kendala yang dihadapi sehingga koperasi sulit untuk maju dan berkembang. Diantaranya masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang koperasi, sehingga mereka belum tahu manfaat koperasi yang sebenarnya. Kendala lainnya adalah masih rendahnya SDM pengelola koperasi, rendahnya partisipasi anggota, rendahnya jaminan permodalan koperasi, serta kurangnya jalinan kerjasama dengan lembaga lain dalam rangka memajukan koperasi.

 

"Selama ini koperasi juga belum dapat menggali potensi sebagai basis udaha dan masih tergantung kepada usaha program," kata Bupati Anna.

 

Ia juga berharap agar Dekopinda mampu menjadi wadah perjuangan koperasi dan mitra pemerintah dalam membangun koperasi demi terwujudnya kesejahteraan rakyat. Untuk itulah Dekopinda harus terus meningkatkan SDM, menjalin kerjasama dengan semua pihak, serta memberdayakan pemuda dan kaum wanita dalam rangka membangun koperasi. Kalau ini bisa dilaksanakan, tuturnya, optimis kedepan keberadaan koperasi akan semakin eksis. Dengan demikian cita-cita koperasi sebagai soko guru perekonomian akan terwujud.

 

Sementara itu, susunan personalia Dekopinda Kabupaten Indramayu periode 2011-2016 yang dilantik diantaranya Ketua Majelis Pakar DR. H. Irianto MS. Syafiuddin, Wakil Ketua Majelis Pakar DR. Tohidin beserta anggota. Kemudian Ketua Dewan Penasehat Drs. H. Supendi, M.Si beserta anggota. Sementara sebagai Ketua Dekopinda adalah H. Taroni, SE.

 

Pelantikan pengurus Dekopinda Kabupaten Indramayu juga dihadiri perwakilan dari Dekopinwil Jawa Barat Away Hendrawan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta perwakilan dari sejumlah koperasi di Indramayu. (deni/humasindramayu.com)

 

 

Lebih baru Lebih lama