Pemerintah Janji Percepat Bangun Kawasan Minapolitan

INDRAMAYU - Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad mengunjungi sentra perikanan di Kabupaten Indramayu kemarin. Kunjungan Fadel di tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong, Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu ini untuk melihat kondisi TPI Karangsong yang akan dijadikan kawasan minapolitan atau kota perikanan.
Fadel Muhammad, didampingi Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin,melakukan temu wicara dengan masyarakat nelayan di kawasan tersebut. Dalam temu wicara tersebut, sejumlah nelayan berharap program pemerintah membangun kawasan perikanan dapat terwujud.
Untuk menunjang kawasan minapolitan itu,akan dibangun kawasan industri perikanan tangkap dengan berbagai sarana dan fasilitas pendukung,seperti pabrik es, gedung pengolahan dan pengalengan ikan,serta penambahan kolam dermaga. Di Jawa Barat,selain Kabupaten Indramayu, sejumlah daerah yang akan dijadikan kawasan minapolitan yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Sukabumi.
"Potensipotensi perikanan diharapkan akan semakin meningkat dengan adanya kawasan minapolitan," ujar Fadel.
Selain itu, kawasan minapolitan diyakini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. "Pemerintah juga sedang mempersiapkan kawasan minapolitan di sejumlah lokasi di Jawa barat dan akan mempercepat proses realisasinya," tuturnya.
Selain mengunjungi TPI Karangsong, Menteri juga menyempatkan diri untuk melihat industri kerupuk ikan laut di Desa Kenanga, Kecamatan Sindang, dan pengolahan industri garam lokal di Desa Kiajaran Wetan,Kecamatan Losarang. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu Abdul Rosyid Hakim menjelaskan, kunjungan Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad dan jajarannya ke sentra perikanan di Kabupaten Indramayu ini merupakan bagian dari safari Ramadan. Kunjungan ini diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan kawasan minapolitan.
"Secara umum, Pemkab Indramayu telah siap untuk dijadikan kawasan minapolitan. Potensi kelautan yang cukup baik akan sangat menunjang percepatan pembangunan kawasan minapolitan," imbuhnya
Lebih baru Lebih lama