Selasa, 28 Februari 2012

Camat Harus Bisa Gali Potensi Zakat didaerahnya.

JUNTINYUAT 28/2/2012 (www.humasindramayu.com) – Camat yang ada di Kabupaten Indramayu harus bisa menjadi penggerak dalam menggali potensi zakat di daerahnya. Pernyataan ini ditegaskan Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si ketika memberikan sambutan dalam kegiatan pendistribusian zakat profesi di Kecamatan Juntinyuat, Selasa (28/2).

 

Potensi zakat yang ada didaerah sangat besar sekali apabila dikembangkan, mengingat kondisi masyarakat Indramayu sebagian besar adalah petani dan berada di daerah. Keberadaan para petani dan pedagang dalam berzakat masih belum tergali, sehingga para camat harus bisa memahami potensi dan kemampuan dalam mengumpulkan zakat.

 

Supendi menegaskan, apabila camat mampu menjadi inspirator bagi masyarakatnya dalam mengumpulkan zakat. Maka kemiskinan di daerah itu akan dapat teratasi secara perlahan-lahan. Selain camat, dalam lingkup yang lebih kecil seorang kuwu yang ada di desa juga harus bisa menggerakan masyarakatnya untuk berzakat, sehingga apabila ada masyarakat yang kekurangan maka dapat segera diatasi.

 

Sementara itu Camat Juntinyuat Ahmad Mansyur menyambut baik keinginan wakil bupati tersebut, menurutnya, Kecamatan Juntinyuat sudah terlebih dahulu menjalankan beberapa keinginan dari wakil bupati itu. Diantaranya, di Kecamatan Juntinyuat saat ini telah menjalankan pengumpulan zakat baik dari zakat profesi maupun zakat mal.

 

Ahmad Mansyur menambahkan, pada tahun 2011 yang lalu pihaknya telah berhasil mengumpulkan zakat profesi dari para PNS sebesar Rp. 91.888.000, kemudian untuk zakat mal baru terkumpul Rp. 22.000.000,- dan kedepan pihaknya akan terus mengoptimpalkan perolehan zakat di kecamatan yang dipimpinnya itu. (deni/www.humasindramayu.com)