Wujudkan Budaya Baca

Wujudkan Budaya Baca

Indramayu Launching Gerakan Madrasah Literasi

 

          Untuk mewujudkan budaya baca di lingkungan madrasah dan sejenisnya di Kabupaten Indramayu. Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama dengan Kantor Kementrian Agama melakukan Launching Gerakan Madrasah Literasi yang dipusatkan di Alun-Alun Indramayu dan MTS Negeri Karangampel, Jum'at (28/10/2016) bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88.

          Wakil Bupati Indramayu H. Supendi menjelaskan, gerakan ini diharapkan tidak hanya mendorong siswa untuk gemar membaca. Tetapi, juga mendorong siswa dapat mengomunikasikan hasil bacaannya kepada pihak lain. Ini penting mengingat kemampuan komunikasi siswa Indonesia umumnya masih cukup rendah.

Menurutnya, gerakan ini harusnya dapat menjadi upaya agar siswa menyerap banyak pengetahuan dari buku yang dibaca. Dan yang tidak kalah penting, siswa dapat menyampaikan hasil bacaannya kepada orang lain. Sekolah Madrasah yang jumlahnya cukup banyak di Kabupaten Indramayu, menjadikan gerakan ini optimis bisa diterima dan berhasil dalam penerapannya.

Supendi menambahkan, saat ini gerakan literasi di Kabupaten Indramayu cukup membanggakan. Pasalnya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kab. Indramayu telah memiliki ruang perpustakaan yang representative untuk kenyamanan pengunjung. Selain itu juga telah menerapkan system digital katalog, serta bahan referensi bagi kabupaten/kota di Indonesia untuk  melakukan studi banding.

Hal lainnya juga adalah keberhasilan perpustakaan Desa Majasari Kecamatan Sliyeg yang telah menjuarai juara III Nasional pada lomba perpustakaan desa. Serta diraihnya penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI kepada Bupati Indramayu atas prestasi sebagai birokrat yang telah mampu mengembangkan budaya baca di Kabupaten Indramayu.

"Jika budaya literasi bisa dimulai dari sekolah-sekolah, maka kebangkitan Indramayu dan juga Indonesia menjadi Negara maju optimis bisa terealisasi," tegas wabup.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Indramayu, Yayat Hidayat mengatakan, Gerakan Madrasah Literasi ini nantinya para siswa melakukan baca buku secara massal dengan metode membaca senyap setiap harinya serta akan diberikan tugas dengan merangkum dan memberikan komentar atau risalah dari buku yang telah dibacanya tersebut.

Launching Gerakan Madrasah Literasi ini mendapatkan sambutan dan apresiasi dari para siswa yang ada di MTSN Karangampel. Diharapkan dengan gerakan ini bisa menambah jumlah buku bacaan yang ada di perpustakaan sekolahnya tersebut. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

 

 

Lebih baru Lebih lama