Jumat, 28 Oktober 2016

Peringatan Sumpah Pemuda


Peringatan Sumpah Pemuda ke-88

Momentum Kebangkitan Pemuda Dengan Teknologi

 

          Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tingkat Kabupaten Indramayu merupakan momentum untuk kebangkitan para pemuda dengan memanfaatkan aplikasi teknologi.

          Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Indramayu H. Supendi ketika menjadi Inspektur Upacara yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, yang berlangsung di Alun-Alun Indramayu, Jum'at (28/10/2016).

          Menurut Supendi, industri  kreatif  hari  ini menyumbang tidak kurang dari 7 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Sebuah kontribusi yang tidak bisa dianggap kecil ditengah pelambatan ekonomi dunia. Sebagian besar pelaku industry kreatif tersebut adalah para pemuda dengan usia produktif dengan pemanfaatan teknologi digital.

          Apalagi belakangan ini muncul  ratusan  CEO-CEO muda  Indonesia  di  bidang  Teknologi  Informasi  yang  dipercaya  oleh  perusahaan multinasional.  Pada tahun  2015 yang lalu dilaporkan  terdapat  62 start  up Indonesia  yang kebanjiran  dana  investasi  hingga  puluhan  triliun  rupiah. 

Berdasarkan data dari Kementrian Perdagangan RI, omzet  belanja  online (e-commerce) Indonesia sendiri pada Tahun 2015 dilaporkan telah mencapai Rp. 200 triliun lebih. Jika tren ini bisa dikelola dengan baik, maka perekonomian  Indonesia  akan  maju  pesat. 

"Tentu,  dengan  catatan  bahwa  dari lalu lintas dan mata rantai bisnis online tersebut, para pemuda Indonesia harus berada pada posisi sebagai produsen bukan sekedar sebagai konsumen," tegas Supendi.

          Dengan Peringatan Sumpah Pemuda ini, lanjut Supendi, merupakan momentum kebangkitan  anak  muda  Indonesia.  Dengan  kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan  sumbangsih  pemikiran  dan  gagasannya  untuk  kesejahteraan  dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

          "Mari  kita  buktikan  dalam  sejarah  Indonesia,  untuk  kesekian  kalinya  pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Bonus demografi menjadi  kesempatan  kita  satu-satunya  untuk  memastikan  percepatan pembangunan  ekonomi  Indonesia  menjadi  negara  maju  sejajar  dengan  Negara-negara besar lainnya. Di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan  dunia.  Saatnya  pemuda  Indonesia  membangun  visi  yang  besar  menatap dunia," katanya.

          Pada kesempatan itu juga ditandatangani rencana desain Monumen Pemuda Tanah Air Indramayu oleh Wakil Bupati Indramayu. Diserahkan pula SK Pensiun bagi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu periode bulan November 2016, dan diakhiri dengan Launching Gerakan Literasi Madrasah tahun 2016. DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu