Senin, 23 Desember 2013

“Perempuan Dapat Berperan Sebagai Apapun”

 

"Kaum perempuan diberikan ruang yang sangat luas untuk dapat memerankan dirinya sebagai apapun, namun demikian tidak berarti semua peran laki-laki digantikan oleh perempuan"

 

Hal itu ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika memberikan sambutan pada Peringatan hari Ibu ke-85, Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-14, Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes, dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2013 yang berlangsung Senin (23 Desember 2013) di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra.

Menurutnya, saat ini kaum perempuan memiliki kebebasan untuk menjadi apapun dalam kehidupannya baik di lingkungan pemerintahan maupun kemasayarakatan. Kebebeasan yang dimiliki perempuan tersebut merupakan upaya untuk kesetaraan gender dengan kaum laki-laki. Namun demikian, tidak semua peran laki-laki digantikan kaum perempuan karena masih ada hal-hal yang hanya dilakukan oleh kaum laki-laki.

Dalam pelaksanaan pembangunan baik fisik maupun sosial, lanjut bupati, diharapkan semua pihak dapat mengambil satu peran. Khusus pada pembangunan sosial, diharapkan semua mempunyai kepekaan sosial yang tinggi terhadap berbagai persoalan yang ada disekitar kita. Kepekaan itu tidak hanya sebatas memberikan bantuan ketika terjadi bencana atau ketika menemukan seseorang  atau keluarga yang mengalami rawan pangan, lebih dari itu adalah sebuah tindakan yang terprogram dan terarah serta terus menerus dilakukan agar masalah-masalah sosial itu segera teratasi.

Jika saja hal tersebut dapat dilaksanakan , maka bukan tidak mungkin Indramayu yang sejahtera akan segera terwujud. Program Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka mengentaskan kemiskinan, hendaknya dapat  direspon  dan disikapi dengan baik oleh seluruh masyarakat. Karena apa yang dilakukan sekarang ini, tidak lain kecuali untuk kesejahteraan masyarakat Indramayu.

"Pada kesempatan ini saya tegaskan, jika ada anggapan bahwa pembangunan yang dilaksanakan hanya untuk kalangan atau  golongan tertentu saja, saya nyatakan hal itu tidak benar," tegas bupati.

Pada puncak peringatan tersebut, diserahkan hadiah bagi para pemenang dari berbagai lomba yang telah diselenggarakan pada waktu sebelumnya. Selain diserahkan hadiah bagi pemenang, juga diserahkan bantuan bagi perempuan tua yang telah berumur 120 tahun dan berfrofesi sebagai tukang pijat berupa sofa dan juga bantuan berupa kendaraan sepeda bagi transportasi pedagang ikan pindang. Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai gerakan organisasi wanita di Kabupaten Indramayu dan juga dan juga pihak lainnya. (deni/humasindramayu)