Jumat, 06 Desember 2013

Ke Kandanghaur, Bupati Berdayakan UMKM


 

 

            KANDANGHAUR 06/12/2013 - Program Bupati Ketemu Rakyat kembali digelar, kali ini wilayah Kecamatan Kandanghaur di jelajah oleh orang nomor satu di Indramayu tersebut. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan perhatian serius agar tetap eksis dan bisa menjadi lahan kehidupan bagi masyarakat.

            Kelompok Usaha Perempuan (KUP) Della Roti yang terletak di Desa Karangmulya merupakan kelompok usaha kecil yang kini tengah mengembangkan usahanya. Usaha yang merupakan binaan PNPM ini melibatkan puluhan kaum perempuan dan sangat membantu dalam ekonomi keluarga.

            Dihadapan Bupati Indramayu, ketua KUP Kasan mengungkapkan usaha yang sudah berjalan selama satu tahun ini telah banyak mengalami perkembangan yang pesat. Modal awal 20 juta yang di dapatkan dari PNPM kini terus berkembang seiiring dengan permintaan masyarakat dengan rotinya.

            Saat ini usahanya masih membutuhkan bantuan terutama untuk penambahan peralatan yang masih sangat kurang yang ternyata sangat berdampak terhadap jumlah produksi  padahal roti hasil kerja kaum perempuan di Desa Karangmulya sudah tersebar di wilayah Indramayu.

            Mendengar kebutuhan tersebut, Bupati Hj. Anna Sophanah langsung mengecek keberadaan ruang produksi yang dilihatnya masih sangat sempit. Bahkan secara langsung bupati mencoba untuk ikut membuat adonan tata cara membuat roti dan melihat proses pembungkusan yang dilakukan oleh ibu-ibu.

            "Usaha roti ini sangat prospektif karena memberdayakan kaum perempuan yang cukup banyak. Usaha ini juga bisa diandalkan karena mampu menghidupi keluarganya masing-masing dan rasanya cukup enak dan harganya murah. Usaha ini segera dilakukan pendampingan oleh Diskopindag agar cepat berkembang," tegas bupati.

            Sebelumnya, Bupati Indramayu juga memberikan bantuan modal kepada ibu Soleh yang setiap hari berjualan sarapan didepan rumahnya. Bantuan modal ini diharapkan bisa menambah usahanya dan semakin pesat berkembang.

            Sebelum memberikan modal, pada kunjungan tersebut bupati juga mengunjungi kediaman Dedeng, Dimpen, Rasdiwan, dan Darnisem yang kondisi rumahnya kurang layak huni. Pada warganya itu, bupati akan merehab rumah tersebut dan memeberikan pengobatan kepada orang yang tengah menderita sakit serta memberikan paket sembako. (deni/humasindramayu)