Selasa, 17 Desember 2013

Desa Cemara disawer Rumput Laut 10 Ton

 

            CANTIGI 17/12/2013 – Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Kabupaten Indramayu terus bergema dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berbagai kegiatan terus dikembangkan agar keluarga sebagai pelaku dan target dapat benar-benar menikmati dari program tersebut.

            Setelah sebelumnya Desa Cemara Kulon Kecamatan Losarang disawer rumput laut 10 ton. Kini Desa Cemara Kecamatan Cantigi menjadi sasaran pembangunan. Kali ini desa tersebut mendapatkan pembangunan melalui bantuan bibit rumput laut sebanyak 10 ton dari Yayasan Damandiri melalui program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

            Dengan budidaya rumput laut, masyarakat di Desa Cemara tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidupnya dari kondisi yang sudah ada saat ini. Sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai petambak dan petani garam. Maka dengan membudidayakan rumput laut ini akan ada nilai tambah bagi masyarakat itu.

            Pasalnya, budidaya rumput laut tidak memerlukan perlakuan khusus karena bisa dibiarkan dan hidup bersama dengan bandeng ataupun udang. Masyarakat yang selama ini sudah menjadi petambak dengan menanam bandeng ataupun udang kini bisa memanfaatkan air yang diatasnya dengan ditanam rumput laut.

            Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Indramayu Drs. H. Wahidin,  melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengungkapkan, budidaya rumput laut ini sangat bernilai ekonomis karena sejak ditanam maka hanya 2 bulan rumput laut itu bisa dipanen. Dengan menanam rumput laut ini jika pendapatan masyarakat naik maka akan menaikan pula tingkat daya beli masyarakat dan IPM juga akan terangkat.

            "Budidaya rumput laut di Desa Cemara Kecamatan Cantigi melalui sistem Posdaya ini diharapkan dapat lebih memberdayakan keluarga-keluarga yang ada di desa ini. Selain itu kami juga dari pemerintah daerah bertekad untuk membikin seribu Posdaya  agar masyarakat bisa terus berdaya dan mandiri. Saat ini kami baru terima 20 ton dari Yayasan Damandiri, berikutnya kami bisa ajukan lagi jika banyak masyatakat yang menginginkan budidaya rumput laut tersebut," tegas Sekda.

            Dengan adanya sawer sebanyak 10 ton bagi masyarakat Desa Cemara masyarakat langsung menyambutnya dengan antusias dan langsung menebarkannya dilahan yang telah disediakan. Masyarakat bergotong royong membawa bibit tersebut. Bahkan pola pelatihan bagi rumput laut ini bukan hanya diperuntukan bagi para kaum laki, namun ibu-ibu juga diberikan pelatihan tentang mengolah rumput laut agar lebih berdaya guna.

Sementara itu Anna Murnijati dari Yayasan Damandiri mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu tersebut dikarenakan pemerintah daerah yang dipimpin oleh Bupati Hj. Anna Sophanah tersebut memiliki komitmen untuk terus mengembangkan ekonomi keluarga dengan menggunakan system posdaya.

"Kepemimpinan Bupati Hj. Anna Sophanah telah terbukti memiliki koiotmen karena selama ini telah banyak mengirimkan duta-duta dari Indramayu untuk belajar dan berlatih tentang pemberdayaan ekonomi keluarga di Yayasan Damandiri," tegasnya. (deni/humasindramayu)