Rabu, 04 Desember 2013

Bupati Selamatkan Nasikin dari Dropout

 Kehadiran Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah pada kegiatan Bupati Ketemu Rakyat yang diselelngarakan di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang nampaknya menjadi penyelemat bagi kehidupan Nasikin (15). Seorang anak yang telah dropout kini bisa kembali bersekolah setelah diketahui secara langsung oleh pimpinan di Indramayu ini.

Sebelumnya Nasikin tercatat sebagai siswa MTS Syifa Walain yang berada di Kecamatan Sukagumiwang, dia telah menempuh pendidikan di sekolah itu selama dua tahun. Namun kemudian orang tuanya Trisno yang hanya berfrofesi sebagai buruh tani tidak kuat lagi untuk membiayai biaya sekolahnya yang pada akhirnya menjadikan Nasikin harus keluar dari sekolah karena tidak memiliki biaya.

Selama beberapa bulan dirumah, Nasikin hanya bisa membantu orang tuanya untuk mencari nafkah. Namun ketika Jum'at kemarin tempat kediamannya dikunjungi langsung oleh Bupati Indramayu dirinya menjadi sumringah dan semangat itu muncul kembali karena adanya jaminan pendidikan dari Bupati Indramayu.

Ketika sampai di depan rumah gubuk, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah langsung masuk dan melihat keadaan dalam rumah yang kurang mendapatkan ventilasi. Setelah itu keluar lagi dan langsung menanyakan keadaan Nasikin yang hanya termenung duduk di atas balai bambu disudut depan rumahnya.

Denagn menepuk bahunya, bupati mencoba tahu secara langsung penyebab yang mengakibatkan Nasikin harus berhenti sekolah. Kemudian, bupati juga menanyakan apakah dia masih mempunyai keinginan untuk sekolah. Mendengar pertanyaan itu, lantas Nasikin menganggukan kepalanya bahwa dia mau kembali melanjutkan sekolahnya.

Mendengar keinginan itu, bupati lantas memanggil kepala UPTD Kecamatan Sukagumiwang dan segera memerintahkan agar kembali memasukan Nasikin ke sekolahnya.

"Kepala UPTD nampaknya kecolongan, ternyata masih ada anak sekolah yang dropout karena tidak ada biaya. Padahal saya sudah sering mengingatkan agar kepala UPTD Pendidikan harus sering turun ke masyarakat dan melihat kondisi pendidikan anak-anak di daerahnya. Nasikin harus kembali sekolah, dan kepala UPTD harus memfasilitasinya," tegas bupati.

Mendengar pernyataan dari bupati itu, lantas Nasikin dan orang tuanya bersama dengan masyarakat sekitarnya merasa gembira karena kunjungan Bupati Indramayu tersebut ternyata dapat menyelematkan pendidikan Nasikin yang sudah dropout. (deni/humasindramayu)