Senin, 04 November 2013

Indramayu Terima Mobil Hijau

 

INDRAMAYU 04 Nopember 2013 - Kabupaten Indramayu akan menerima program Mobil Hijau dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB ) pada 1 Desember mendatang. Pemberian mobil ini akan diserahkan bertepatan dengan Hari Perempuan Menanam oleh Ibu Negara Ny. Ani Bambang Yudhoyono. Kepastian itu didapatkan setelah ada kunjungan resmi dari Ibu Yuliana Kambuaya ke Kabupaten Indramayu, Senin (4 Nopember 2013).

Mobil Hijau ini merupakan salah satu metode edukasi, penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat agar tergerak untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan. Sesuai dengan fungsinya, mobil hijau ini secara bergiliran akan mengunjungi lokasi-lokasi yang selanjutnya akan bergerak dan berkembang menuju lokasi binaan SIKIB, sekolah-sekolah atau lokasi lainnya sesuai dengan kebutuhan. Layanan yang diberikan akan beragam sesuai target audience yaitu kelompok perempuan dan anak-anak. Keberhasilan setiap program ini dapat diukur dari berapa banyak peserta yang ikut terlibat dalam kegiatan selama periode tertentu. Bagi komunitas yang telah terbentuk tetap mendapatkan informasi dan pelayanan yang berkelanjutan. 

Yuliana Kambuaya mengatakan, Mobil Hijau ini berasal dari BUMN yang ada di Indonesia yakni PT. Pertamina RU VI Balongan. Untuk Indonesia Mobil Hijau ini sudah dimiliki oleh 27 kabupaten/kota dan provinsi. Sedangkan di Jawa Barat Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang ke enam memiliki Mobil Hijau hasil prakarsa SIKIB.

"Jika dalam enam bulan Mobil Hijau ini tidak beroperasi dan tidak memiliki kegiatan maka mobil ini akan ditarik lagi, untuk itu harus segera disusun program kerja dan operasional bagi kendaraan itu," tegas Yuliana.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, pihaknya berharap agar Mobil Hijau ini dapat dioperasionalkan secara maksimal agar lingkungan Indramayu semakin hijau. Dengan Mobil Hijau ini sistem edukasi pendidikan secara dini untuk lingkungan bisa disebarkan kepada anak-anak hingga masyarakat luas.

Bupati berharap, dengan kondisi luas wilayah Indramayu yang mencapai 209.94 hektar dan jumlah penduduk mencapai 1.675.790 jiwa keberadaan Mobil Hijau sangat diperlukan untuk bisa mencakup semua wilayah. Namun demikan pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan mobil itu.

"Kita berharap jumlah Mobil Hijau ini bisa lebih dari satu karena luas wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk lebih dri satu juta," tegas bupati.

Pada kesempatan itu turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indramayu Ny. Nani Indriyani Supendi, Ketua Perhimpunan Wanita Patra RU VI Balongan Ny. Budi Sani Syarif, dan pejabat dari Kementrian Lingkungan Hidup. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para Ketua Tim Penggerak PKK seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu. (deni/humasindramayu)